Surabaya (Antara Jatim) - Komando Armada Republik Indonesia Kawasan Timur (Koarmatim) menggelar lomba halang rintang kategori perwira menengah (pamen) antarsatuan kerja (satker) di Koarmatim, Surabaya, Selasa.
    
Lomba yang berlangsung di lapangan Halang Rintang Karang Unarang, Ambalat, Koarmatim, Ujung, Surabaya, itu diikuti 14 tim. 
    
"Tiap tim terdiri dari lima prajurit yang diketuai oleh komandan satuan atau kepala satker dari masing-masing perwakilan satker, baik satuan kapal maupun satker gabungan Koarmatim," kata Panglima Koarmatim (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto.
    
Dia mengatakan lomba halang rintang digelar memanfaatkan secara sarana dan prasarana yang telah dibangun di Koarmatim demi menjadikan prajurit yang terlatih dan profesional.
    
"Ini merupakan wujud kepedulian pimpinan TNI AL dalam rangka membina personel guna melatih ketrampilan, ketahanan fisik dan mental.  Ke depan prajurit Koarmatim diharapkan mampu meningkatkan naluri tempurnya," ujarnya.
    
Pangarmatim mengingatkan tidak ada prajurit yang hebat, kecuali prajurit yang terlatih agar nantinya mampu mengatasi rintangan dengan maksimal. 
    
"Selain itu, halang rintang bagi prajurit dapat melatih kekompakan dan ketelitian antar sesama guna menjaga sportifitas dan jiwa korsa," tuturnya.
    
Lebih lanjut, Pangarmatim berharap, kegiatan ini dapat memberi motivasi bagi para prajurit untuk selalu berlatih, sehingga senantiasa siap dalam setiap penugasan yang diemban. 
    
Dalam perlombaan itu, tim pamen dari Gugus Tempur Laut Koarmatim berhasil meraih catatan waktu tercepat, yaitu 14 menit 43,5 detik. 
    
Tim pamen gabungan dari Dinas Penerangan, Polisi Militer, Dinas Kesehatan, dan Primer Koperasi Angkatan Laut Koarmatim menempati posisi kedua dengan catatan waktu 19 menit 24 detik. 
    
Sedangkan posisi ketiga diraih tim pamen Satuan Kapal Eskorta Koarmatim dengan catatan waktu 22 menit 28,5 detik.
    
Tampak turut menyaksikan jalannya perlombaan Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Timur (Kasarmatim) Laksamana Pertama TNI I. N. G. Ariawan, Komandan Guspurlatim Laksamana Pertama TNI Dadi Hartanto, serta para pejabat utama Koarmatim. (*)

Pewarta: Hanif N

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017