Jember (Antarajatim) - Sejumlah lahan pertanian di Kabupaten Jember, Jawa Timur mulai panen seperti di areal sawah milik gabungan kelompok tani (Gapoktan) Sinar Tani di Kelurahan Baratan, Kecamatan Patrang yang panen pada Selasa.

"Hasil panen padi diperkirakan mencapai 7 ton per hektare dan sawah yang kami panen seluas 2,5 hektare, sehingga diprediksi akan menghasilkan gabah sekitar 17,5 ton," kata Ketua Gapoktan Sinar Tani Rohima di Kecamatan Patrang.

Ia mengatakan hasil panen kelompok taninya selalu meningkat sejak mendapatkan pendampingan dari Babinsa dan petugas penyuluh lapangan (PPL) karena adanya arahan teknis dan pendampingan terus menerus, sehingga membiasakan petani menanam dengan teknik yang benar.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Babinsa dan PPL yang selalu mendampingi para petani bercocok tanam, sehingga hasil panennya juga meningkat," katanya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Pertanian Adi Prayitno mengapresiasi hasil panen padi milik Gapoktan Sinar Tani di wilayah Kecamatan Patrang karena menghasilkan sekitar 7 ton per hektare.

"Produksinya merupakan hasil panen yang cukup tinggi di Kecamatan Patrang. Hal itu tentunya tidak lepas dari kerja keras Babinsa dan PPL yang melaksankan pendampingan serta petani dalam mengolah maupun merawat lahannya," tuturnya.

Selain di Kecamatan Patrang, lahan pertanian di beberapa kecamatan wilayah timur Jember seperti Kecamatan Silo, Mayang, Kalisat, dan Sukowono juga sudah panen.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto menyampaikan terima kasih kepada jajarannya yang telah melaksanakan pendampingan dengan baik terhadap petani di wilayahnya, sehingga hasil panen petani meningkat.

"Saya juga mengapresiasi peningkatan hasil panen yang dicapai dengan adanya pendampingan tersebut, sehingga kita tingkatkan kinerja anggota TNI di semua bidang, termasuk program ketahanan pangan yang diamanatkan kepada kita, sebagai wujud pengabdian kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Ia juga mengimbau kepada Gapoktan Sinar Tani untuk menjual gabahnya ke Bulog Subdivre XI Jember untuk mendukung program penyerapan gabah Bulog setempat.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017