Surabaya (Antara Jatim) - Sebanyak 19 perwira menengah (pamen) Komando Armada Republik Indonesia Kawasan Timur (Koarmatim) menjalani ujian kompetensi sebagai syarat untuk menempati jabatan strategis di lingkungan logistik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), Senin.
    
Pelaksanaan uji kompetensi yang berlangsung di Gedung Mandalika, Komando Latihan (Kolat) Koarmatim, Ujung, Surabaya, itu dipimpin oleh Kepala Dinas Administrasi Personil (Kadisminpers) Koarmatim Letkol Laut (S) Eko Setijono.
    
"Uji kompetensi ini juga sebagai syarat untuk menjadi Komandan Pangkalan Angkatan Laut Tipe B dan Tipe C," terang Eko.
    
Dia merinci, dari 19 pamen yang mengikuti ujian kompetensi adalah para komando utama (kotama). 
    
"13 pamen di antaranya mengikuti Uji Kompetensi Komandan Lanal Tipe B, empat Pamen mengikuti Uji Kompetensi Komandan Lanal Tipe C, dan dua Pamen mengikuti Uji Kompetensi Jabatan Strategi di lingkungan Logistik," paparnya. 
    
Materi yang diujikan meliputi uji kompetensi tulis dan uji kompetensi berbahasa Inggris. 
    
"Untuk uji kompetensi tulis materinya meliputi bidang operasi, hukum, logistik, intelijen, potensi maritim dan bidang personel. Setelah itu para pamen akan diuji kemampuan berbahasa Inggris," jelasnya.
    
Eko lebih lanjut menjelaskan, uji kompetensi untuk menempati jabatan Komandan Lanal dan jabatan strategis di lingkungan logistik digelar agar mendapatkan personel yang tepat pada jabatan strategis dilingkungan TNI AL.
    
"Sebab jabatan-jabatan strategis itu membutuhkan karakter, moral dan profesionalitas," ungkapnya. 
    
Tampak turut menyaksikan jalannya uji kompetensi, di antaranya Kasubdisjabpatmil Disminpersal Kolonel Laut (P) Bagus Handoko, dan para perwira Kolatarmatim. (*)

Pewarta: Hanif N

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017