Sumenep (Antara Jatim) - Harga cabai, baik cabai merah kecil biasa maupun cabai merah besar biasa di Pasar Anom Baru di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Kamis, turun jadi Rp140 ribu per kilogram.

"Harga cabai kecil yang pada awal pekan ini (20/2) Rp150 ribu per kilogram turun menjadi Rp140 ribu," ujar Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Sukaris di Sumenep.

Sementara harga cabai besar yang sebelumnya Rp25 ribu per kilogram turun menjadi Rp22 ribu.

Selain cabai, harga sejumlah komoditas lainnya terpantau turun dibanding awal pekan ini, di antaranya daging sapi, daging ayam kampung, dan bawang putih.

Harga daging sapi yang sebelumnya Rp120 ribu per kilogram menjadi Rp115 ribu dan daging ayam kampung Rp60 ribu dari sebelumnya Rp65 ribu.

Sementara harga bawang putih turun dari Rp36 ribu per kilogram menjadi Rp35 ribu.

"Kalau harga bawang merah naik dari Rp32 ribu per kilogram pada awal pekan ini menjadi Rp35 ribu," kata Sukaris, menerangkan.

Untuk harga komoditas lainnya terpantau stabil, seperti daging ayam broiler tetap Rp30 ribu per kilogram, minyak goreng curah Rp12.500, dan mentega curah Rp21 ribu.

Harga beras juga tetap pada kisaran Rp8.700 hingga 9.400 per kilogram dan gula pasir Rp13 ribu.

Staf Disperindag Sumenep memantau harga komoditas setiap hari di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai pembanding. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017