Malang, (Antara Jatim) - Calon Wali Kota Batu nomor urut 2, Dewanti Rumpoko mengaku optimistis mampu meraih 50 persen suara dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Batu, Jawa Timur, yang digelar serentak, Rabu.
    
 "Berkat dukungan dari suami, anak-anak, keluarga dan masyarakat Kota Batu, saya optimistis mampu meraih suara sekitar 50 persen dan memenangkan Pilkada Kota Batu kali ini," kata Dewanti usai menyalurkan hak politiknya di tempat pemungutan suara (TPS) 22 Kelurahan Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Rabu.
     
Ia mengaku optimisme tersebut karena didukung hasil survei dari beberapa lembaga survei. Selain itu, juga dari informasi perhitungan dari relawan dan masyarakat setempat. "Berdasarkan kalkulasi inilah saya optimistis akan mampu meraih 50 persen suara," urainya.
     
Dewanti yang mengenakan baju berwarna hijau muda dengan kerudung senada itu berangkat ke TPS 22 yang berjarak sekitar 400 meter dari rumah dinas suaminya Eddy Rumpoko itu dengan berjalan kaki bersama keluarganya. Selama dalam perjalanan menuju TPS, Dewanti juga tidak putus-putus menyalami warga yang berdiri berjajar di kawasan tersebut.
     
Lebih lanjut, Dewanti mengatakan jika dirinya terpilih dan memangkan pertarungan dalam Pilkada Kota Batu, dirinya akan melanjutkan program-program wali kota sebelumnya yang dinilai sudah bagus. "Nanti pasti ada perbaikan di sana sini, tapi yang pasti program wali kota akan saya lanjutkan," urainya.
     
Menurut dia, masih banyak program Wali Kota Batu yang saat ini dijabat suaminya, Eddy Rumpoko, itu belum tuntas, sehingga harus dilanjutkan dan ada sejumlah program baru yang akan direalisasikan pada tahun pertama jika dirinya terpilih menjadi Wali Kota Batu untuk lima tahun ke depan.
     
Usai pencoblosan, Dewanti berharap masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa. "Bahkan, tadi saya lihat setelah mencoblos banyak warga yang berbondong-bondong berangkat rekreasi, termasuk menikmati fasilitas yang ada di Alun-alun Kota Batu. Yang penting Pilkada kali ini aman, lancar dan terkendali semuanya," katanya.     
     
Di TPS tempat Dewanti Rumpoko yang akan meneruskan dinasti Eddy Rumpoko jika terpilih nanti, ada 385 pemilih yang tertera dalam daftar pemilih tetap (DPT). Dari 385 pemilih itu, tidak ada yang berkategori disabilitas, namun ada 29 pemilih yang belum menggunakan KTP elektronik (KTP-E).
     
Sementara itu Calon Wali Kota nomor urut 3 Hairuddin yang mencoblos di TPS 11 Kelurahan Mojorejo, Kecamatan Junrejo itu datag lebih awal, bahkan TPS belum dibuka. Panitia di TPS tersebut masih bersiap-siap dan melakukan briefing.
     
Hairuddin juga mengaku optimistis akan mampu meraih suara sekitar 52 persen. "Sesuai dengan usia saya sekarang 52, saya yakin juga akan mendapatkan suara sebanyak 52 persen," katanya.(*)
Video oleh : Endang S

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017