Gresik (Antara Jatim) - Petrokimia Gresik (PG) melatih sejumlah pelajar di wilayah itu untuk sadar pentingnya aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dengan menggelar simulasi memadamkan kebakaran di lingkungan perusahaan.
     
Direktur Produksi Petrokimia Gresik I Ketut Rusnaya dalam keterangan persnya di Gresik, Selasa mengatakan latihan itu sebagai komitmen perusahaan untuk semakin meningkatkan kesadaran akan pentingnya aspek K3, dengan menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) yang berkelanjutan. 
     
"SMK3 menjadi penting mengingat unit produksi Petrokimia Greaik memiliki kompleksitas yang cukup tinggi," katanya.
     
Rusnaya mengatakan, untuk membudayakan hal itu di perusahaan pihaknya beserta anak perusahaan, kontraktor dan sub-kontraktor melatih para pelajar dan menggelar lomba K3 bagi karyawan.
     
"Tema lomba yang kami gelar adalah 'Dengan Budaya K3 Kita Tingkatkan Kualitas Hidup Menuju Masyarakat yang Selamat, Sehat, dan Produktif," katanya.
    
Ia menjelaskan, penerapan K3 merupakan salah satu prasyarat dalam hubungan ekonomi internasional dan perdagangan bebas. 
     
"Oleh karena itu, K3 menjadi salah satu indiaktor penting dalam upaya meningkatkan daya saing perusahaan,” ujarnya.
     
Sementara itu, terkait lomba K3 yang digelar bulan ini, Rusnaya mengaku merupakan upaya nyata dalam membudayakan K3 di lingkungan perusahaan dan sekitarnya.
     
Ia berharap, aspek K3 tidak sekedar menjadi slogan, namun menjadi nilai penting bagi setiap insan perusahaan, baik di lingkungan kerja maupun dalam kehidupan sehari-hari.(*)
Video oleh : Abdul Malik

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017