Sidoarjo (Antara Jatim) - Puluhan ibu PKK warga Desa Sawotratap, Sidoarjo, Jawa Timur, mengikuti pelatihan daur ulang sampah plastik menjadi barang yang bernilai manfaat sehingga mengurangi timbunan sampah di masyarakat.

Fasilitator Komunitas Nol Sampah, Wawan Some di Sidoarjo, Selasa mengatakan kegiatan itu merupakan kerja sama antara Alfamart dengan komunitas Nol Sampah untuk membantu masyarakat mengurangi produksi sampah yang dihasilkan.

"Pelatihan ini tidak hanya mengajak ibu-ibu lebih peduli terhadap lingkungan dengan mengurangi sampah plastik di rumah, tetapi juga mendaur ulang sampah tersebut menjadi barang yang bernilai ekonomis," katanya.

Ia menjelaskan, dengan sampah botol plastik bisa membuat ragam aksesoris dan wadah serbaguna dan diharapkan keterampilan ini bisa dipelajari serta menjadikan ibu-ibu menjadi mandiri.

"Sebab barang yang dihasilkan tersebut layak jual dan juga memiliki nilai ekonomi dengan mengolah hasil sampah tersebut," katanya.

Ia mengatakan, salah satunya adalah membuat bros dengan bahan bekas minuman botol minuman yang dipotong dengan gunting, serta diberikan pewarna.

"Pembatannya cukup mudah dan bisa dikerjakan oleh ibu-ibu rumah tangga dikala waktu luarng mereka," katanya.

Sementara itu, Regional Corporate Communication Manager Alfamart Faruq Asrori mengatakan pelatihan kewirausahaan ini akan berlangsung rutin dua bulan sekali dengan lokasi yang berbeda.

"Tujuannya untuk memberdayakan warga supaya menjadi mandiri secara finansial. Perusahaan tidak hanya peduli terhadap Usaha Kecil Menengah atau UKM, tetapi juga peduli terhadap warga yang berniat menjadi UKM pemula," katanya.

Ia menambahkan, kepedulian terhadap UKM yang sudah dilakukan selama ini dengna melibatkan pelaku UKM tersebut bergabung dan membuka usaha di halaman toko serta memasok barang dagangan di dalam toko.

"Kami juga secara berkala memberikan pelatihan manajemen ritel modern terhadap para pedagang kelontong yang ada di sekitar toko yang tergabung dalam member kartu Ponta," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Sawotratap Sanuri mengaku menyambut baik kegiatan ini.

"Semoga kegiatan ini bisa membantu masyarakat untuk bisa lebih mandiri," katanya.(*)
Video oleh : Indra S

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017