Madiun (Antara Jatim) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dijadwalkan mengecek perkembangan pengerjaan proyek kereta api penumpang untuk Bandara Soekarno Hatta (Soetta) dalam kunjungan kerjanya di PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA) di Kota Madiun, Jawa Timur, Jumat.

"Pak Menhub dijadwalkan akan mengecek perkembangan pengerjaan kereta Bandara Soekarno Hatta," ujar Senior Manager Secretary, Public Relations, dan CSR PT INKA (Persero), Cholik Mochamad Zam-Zam saat dihubungi.

Menurut dia, kereta untuk Bandara Internasional Soekarno Hatta yang digarap di PT INKA (Persero) tersebut terdiri atas beberapa "train set" dan sesuai jadwal akan diserahkan pada pertengahan Maret tahun 2017. 

Selain kereta bandara, Menhub juga dijadwalkan melihat dari dekat proyek pengerjaan kereta untuk atlet pada saat pelaksanaan Asian Games di Palembang.

Adapun kereta yang dibuat untuk atlet pada saat pelaksanaan Asian Games di Palembang tersebut adalah kereta api "Light Rail Transit" (LRT) yang akan diserahkan pada tahun 2018.

Cholik memastikan pengerjaan kedua proyek tersebut akan tepat waktu sesuai jadwal dan diharapkan Menhub dalam kunjungan kerjanya kali ini memberikan motivasi agar pengerjaan lebih maksimal lagi.

Dia menambahkan, sebagai BUMN yang bergerak di bidang perkeretaapian, PT INKA (Persero) siap mendukung upaya pengembangan transportasi kereta api yang digagas oleh pemerintah.

Seperti diketahui, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Ponorogo dan Kota Madiun pada Jumat.

Di Ponorogo, Menhub meresmikan operasional Terminal Bus Tipe A Seloaji dan melakukan telewicara  antara Menteri Perhubungan dengan beberapa Koordinator Terminal Tipe A dan UPPKB di seluruh Indonesia.

Sedangkan di Kota Madiun, Menhub dijadwalkan berkunjung ke Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) untuk memberikan pengarahan kepada taruna dan taruni API. Setelah itu, Menhub dan rombongan menuju ke PT INKA (Persero) selepas Shalat Jumat. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017