Sampang (Antara Jatim) - Seorang siswa salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Sampang, Pulau Madura, Jawa Timur ditemukan tewas tenggelam di kolam bekas galian C di Desa Gunung Madda, Kecamatan Kota, Kamis.

"Siswa yang tenggelam itu bernama Iqbal (17) asal Kampung Bejik Kelurahan Karang Dalem, Kecamatan Kota Sampang," kata petugas Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial Pemkab Sampang Abd Karim.

Peristiwa naas itu bermula saat korban datang ke kolam pemandian di bukit batu bekas galian C di Desa Gunung Maddah, Kecamatan Kota Sampang.

Ia datang bersama beberapa orang temannya untuk foto-foto di lokasi itu, karena pemandangan alam di sekitar pemandian bekas galian C di bukit itu memang nampak bagus.

Iqbal bersama seorang temannya Amin, selanjutnya bersepakat untuk mandi di kolam itu.

Iqbal langsung menceburkan dirinya ke dalam kolam bersama temannya. Namun siswa yang masih duduk di bangku sekolah kelas XII salah satu SMA justru tidak muncul lagi ke permukaan air.

"Kalau temannya, begitu menceburkan diri, dia langsung muncul kepermukaan. Nah si Iqbal ini tidak," terang Abd Karim.

Kuat dugaan, Iqbal memang tidak berenang, atau ia mengalami kram saat menceburkan diri di kolam bekas galian C seluas 2 hektare lebih itu.

Menurut saksi mata di sekitar tempat kejadian perkara Salimah, teman korban sebanyak lima orang, namun yang ikut mandi di kolam bekas galian C itu hanya satu orang.

"Yang empat orang lainnya itu main gitar, tidak ikut renang," tutur perempuan itu.

Menurut Petugas Tagana Abd Karim keempat teman Iqbal itu masing-masing bernama Ridho, Ridwan, Heru, dan Dika.

Sementara, kematian siswa SMA Iqbal itu telah menyebabkan luka mendalam bagi keluarga korban.

Saat jenazah tiba di rumah duka, orang tua Iqbal yakni Misbah (41) dan Munayeh (39), langsung berteriak histeris. Di kalangan keluaranya, Iqbal dikenal anak rajin dan patuh pada kedua orang tuanya.

"Dia tidak pernah menolak saat dimintai tolong untuk beli-beli ataupun dimintai tolong familinya disini," kata Munayeh, sembari meneteskan air mata. 

Kasus siswa tenggelam di kolam seperti yang menimpa Iqbal warga Kelurahan Karang Dalem, Sampang itu, merupakan kasus kedua di Madura.

Kasus serupa pada hari yang sama, juga terjadi di Pamekasan, yakni seorang bocah berusia 9 tahun atas nama Farhan asal Desa Bangkes, Kecamatan Kadur, Pamekasan tenggelam di waduk Klompang Timur, Kecamatan Pakong saat mandi di kolam itu. (*)
Video oleh : Abd. Aziz

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017