Sumenep (Antara Jatim) - Kapal Dharma Bahari Sumekar (DBS) 1 milik PT Sumekar, Selasa, bertolak dari Pelabuhan Kalianget ke Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, dengan mengangkut 213 penumpang.

"Kondisi cuaca laut mulai kondusif dan selanjutnya kapal mulai bisa beroperasi dari Pelabuhan Kalianget," kata petugas Bagian Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan Syahbandar Kalianget, Edi Sucipto di Sumenep.

Sebelumnya, pemberangkatan sejumlah kapal ke Pulau Kangean dan pulau lainnya di Sumenep tertunda akibat kondisi cuaca laut buruk berupa ketinggian ombak sekitar tiga meter.

Kondisi tersebut membuat ratusan calon penumpang ke Pulau Kangean tertahan di kawasan Pelabuhan Kalianget.

Sebagian dari mereka sudah berada di Pelabuhan Kalianget untuk menunggu pemberangkatan kapal ke Kangean sejak Senin (23/1).

Pada Selasa ini, kondisi cuaca laut di Perairan Kangean dan sekitarnya sudah kondusif, yakni ketinggian ombak diperkirakan dua meter. 

"Semoga kondisi cuaca laut tetap kondusif dan selanjutnya aktivitas pelayaran kapal ke sejumlah pulau di Sumenep berjalan sebagaimana mestinya," kata Edi, menambahkan.

PT Sumekar adalah salah satu perusahaan pelayaran yang merupakan operator reguler di lintasan Kalianget-Kangean dan mengoperasikan kapalnya sebanyak empat kali dalam sepekan.

Dalam kondisi cuaca kondusif, waktu tempuh perjalanan laut Kalianget-Kangean dan sebaliknya sekitar sembilan jam dengan kapal berbahan besi/baja dan 4,5 jam dengan kapal cepat berbahan fiberglass. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017