Pamekasan (Antara Jatim) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin mengunjungi Pondok Pesantren Darul Ulum, Banyuanyar, Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu sore, untuk menghadiri "Temu Alumni Akbar" di lembaga pendidikan Islam itu.

Menteri Agama tiba di Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar, Pamekasan sekitar pukul 15.20 WIB dengan  mobil warna hitam berpelat nomor RI 24.

Menteri datang ke pondok pesantren asurah KH Syamsul Arifin itu didampingi rombongan Kanwil Kemenag Jatim dan selanjutnya melakukan ramah tamah dengan keluarga dan pengasuh pondok pesantren.

Setelah ramah tamah usai, Menteri mendatangi lokasi acara di belakang kediaman pengasuh pondok pesantren. "Saya bersyukur bisa datang ke pesantren ini, karena bagi saya, pesantren adalah penting," katanya.

Ribuan alumni pesantren dari berbagai daerah berkumpul di pondok pesantren ini. Hadir juga dalam temu alumni akbar ini, anggota DPR RI dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Ahmad Baidawi, Kanwil Kemenag Jawa Timur, serta Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Pemkab Pamekasan.

Acara Temu Alumni Akbar Pondok Pesantren Darul Ulum ini mulai pukul 15.30 WIB dan hingga pukul 16.00 WIB masih berlangsung dengan agenda sambutan Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin.

Dalam sambutannya Menag memaparkan tentang kondisi global dunia saat ini, tantangan dan dampaknya terhadap pembentukan pribadi bangsa.

Pendidikan agama menurutnya sangat penting, untuk menguatkan nilai-nilai agama pada masing-masing pribadi.

"Toleransi antarumat beragama dan umat umat seagama harus kita pupuk, karena ini merupakan bangunan dasar bangsa ini," kata Menag.

Sementara, guna mengamankan kedatangan Menag Lukman Hakim Saifudin di Pondok Pesantren Darul Ulum itu, Polres Pamekasan menerjunkan sebanyak 300 personel gabungan dari berbagai satuan dibantu kodim 0826 dan Satpol PP Pemkab Pamekasan. (*)

Video oleh : Abd. Azis

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017