Madiun (Antara Jatim) - Pemerintah Kota Madiun bekerja sama dengan Polres Madiun Kota menggelar kegiatan "Car Free Night (CFN) 2016" pada malam pergantian tahun 2016, Sabtu (31/12) malam. 

Wakil Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto di Madiun, Sabtu mengatakan kegiatan CFN 2016 dilakukan di sepanjang Jalan Pahlawan dan seputar Alun-Alun Kota Madiun. 

"Kegiatan itu berisi aneka macam acara, mulai dari hiburan, kembang api, kuliner, pameran hingga atraksi dari berbagai komunitas," ujar Wakil wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto kepada wartawan.

Menurut dia, untuk menunjang hiburan bagi masyarakat, akan ada tiga panggung hiburan yang dipasang. Yakni di lokasi parkir Sumber Umis, depan kantor Telkom Madiun, dan di depan rumah dinas Wali Kota Madiun.  

Untuk puncak acara akan ditandai dengan pesta kembang api yang dilaksanakan di panggung utama di Alun-Alun Kota Madiun.

Guna mendukung kegiatan tersebut, sejumlah ruas jalan akan ditutup. Antara lain, Jalan Pahlawan mulai dari Balai Kota Madiun hingga persimpangan tugu. Kemudian Jalan Panglima Sudirman, Merapi, Kolonel Mahardi, dan kawasan Alun-Alun Kota Madiun. Penutupan berlaku dari Sabtu (31/12) pukul 15.00 WIB hingga 1 Januari 2017 pukul 02.00 WIB.

Ia meminta warga Kota Madiun merayakan malam pergantian tahun 2016 ke 2017 dengan menjaga ketertiban dan keamanan. Sehingga kondisi Kota Madiun tetap kondusif dan damai.

Sementara, data Polres Madiun Kota menyebutkan CFN tahun 2016 merupakan yang kedua kalinya digelar oleh Pemkot Madiun bekerja sama dengan Polres Madiun Kota. Sebelumnya, CFN digelar pada tahun 2015.

Adapun, CFN diselenggarakan dengan tujuan untuk mengantisipasi konvoi menjelang pergantian tahun yang mengganggu lalu lintas. Selain itu juga untuk menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Diperkirakan, kegiatan tersebut akan diikuti banyak warga. Untuk menjaga keamanan dan ketertiban, akan diterjunkan anggota gabungan yang berasal dari TNI, Polri, dan pemerintah kota. 

Pengamanan yang dilakukan meliputi, pengamanan lokasi, pengamanan jalur, rekayasa lalu lintas, serta penataan lokasi yang sebelumnya telah diatur dan dipersiapkan.

Pihaknya berharap, acara "Car Free Night" 2016 dapat berjalan lancar dan aman. Sebab, kegiatan tersebut dapat menumbuhkan kreativitas anak muda daripada merayakan pergantian tahun dengan konvoi ataupun kegiatan lainnya yang negatif.

Selain itu, kegiatan CFN juga merangsang kegiatan ekonomi warga, terlebih UMKM, baik di bidang kuliner, kerajinan produk unggulan, dan "ritel". (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016