Pamekasan (Antara Jatim) - Kodim 0826 Pamekasan, Pulau Madura bersama masyarakat melaksanakan tanam padi di lahan tidur seluas 0,5 hektare di Desa Bunder, Kecamatan Pademawu dalam upaya pencapaian target luas tambah tanam (LTT).

Institusi ini juga membantu masyarakat menanam padi pada pemanfaatan lahan tidur tersebut itu, Jumat (23/12/2016)

"Program ini dalam rangka mensukseskan program Nawacita pemerintah yang salah satunya mencapai target Swasembada pangan," kata Dandim Letkol Inf Nuryanto.

Dalam rilis yang disampaikan kepada Antara melalui Pasi Intel Kodim 0826 Pamekasan Kapten Darminto dijelaskan, pihaknya juga telah memerintahkan seluruh Danramil Jajaran Kodim 0826/Pamekasan sebagai penggerak masyarakat/petani memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif untuk ditanami padi sehingga target Luas Tambah Tanam (LTT)  tercapai.

"Apabila masyarakat mau menggarap lahannya sendiri kita akan laksanakan pendampingan bersinergi dengan semua unsur-unsur Dinas Pertanian sampai pada tingkat bawah, dan kalau masyarakat enggan untuk memanfaatkan lahan tidur diharapkan Koramil Jajaran Kodim 0826/Pamekasan ikut membantu mengolahnya dengan memanfaatkan Alsintan yang ada," katanya.

Saat ini, sambung dia, masih musim penghujan, sehingga bisa memanfaatkan lahan tidur untuk ditanami padi supaya target swasembada pangan dapat tercapai.

Dandim 0826/Pamekasan Letkol Inf Nuryanto bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 45 Kodim 0826/Pamekasan Ny. Nuryanto didampingi Para Danramil dan Ibu-ibu Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 45 juga terjun langsung ikut serta menanam padi bersama masyarakat dengan sistem Jajar Legowo.

Selain Dandim dan Ketua Persit Kartika hadir juga Kadis Pertanian Pamekasan Isye Windarti, Kepala BP4K Pamekasan Syaiful Anam, Kabid Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Pamekasan Slamet Budi, Para Danramil Jajaran Kodim 0826/Pamekasan, Kapolsek Pademawu AKP Sudarisman, Camat Pademawu Drs Syaifullah Farid Wajdi, aparat Desa Bunder beserta masyarakat. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016