Surabaya (Antara Jatim) - Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Hinca Pandjaitan dijadwalkan melantik sebanyak 129 orang pengurus Dewan Pimpinan Daerah Demokrat Jawa Timur pada 8 Januari 2017.

"Jadwalnya sudah pasti 8 Januari mendatang di Jatim Ekspo Surabaya," ujar Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Soekarwo kepada wartawan di Surabaya, Sabtu.

Pakde Karwo, sapaan akrabnya, mengatakan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono berhalangan untuk melantik dan dipercayakan kepada Sekjen DPP serta sejumlah pengurus DPP lain untuk menghadirinya.

"Pak Sekjen juga yang beberapa kali melantik pengurus DPD di Indonesia ini, dan saya kira itu bukan sebuah masalah," ucap politisi yang juga Gubernur Jatim tersebut.

Disinggung sering tertundanya jadwal pelantikan, mantan Sekdaprov Jatim tersebut mengakui karena menunggu arahan dari DPP meski nama-nama yang diajukan sebagai pengurus sudah diajukan lama.

"Kami di DPD juga kesulitan mencari lokasi untuk pelantikan karena ruang-ruang serbaguna di Surabaya penuh, terutama akhir tahun ini. Nah, baru dapat awal tahun depan," katanya.

Sementara itu, Sekretaris DPD Demokrat Jatim Renville Antonio mengatakan terdapat sejumlah rangkaian acara pada proses pelantikan mendatang.

Sehari sebelum pelantikan, kata dia, dilakukan pembekalan kepada seluruh pengurus agar mengetahui tugas dan fungsinya masing-masing oleh Sekjen, ketua BP OKK, ketua komisi pemenangan pemilu, bendahara dan direktur eksekutif DPP.

"Pagi sebelum pelantikan juga ada senam dan hiburan, dan sarapan gratis yang melibatkan 25 pedagang kaki lima binaan partai sekaligus pasar murah," kata legislator DPRD Jatim tersebut.

Pada komposisi struktural 2016-2021, terdapat sejumlah nama pensiunan birokrat di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang akan bergabung dalam kepengurusan partai berlambang logo mercy itu.

Beberapa nama tersebut antara lain mantan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Jatim Zarkasih, mantan Kepala Badan Ketahanan Pangan Jatim Tutut Herawati, mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jatim Zainal Abidin, mantan Kepala Dinas Kehutanan Jatim Agus Syamsuddin, dan lainnya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016