Jember (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur membentuk kelompok sadar wisata  (pokdarwis) untuk meningkatkan pengetahuan wisata masyarakat yang berada di sejumlah objek wisata tentang pentingnya pariwisata di kabupaten setempat.

"Pembentukan pokdarwis akan dilaksanakan pada tahun 2017 yang merupakan bagian dari kawasan prioritas pariwisata dan pokdarwis tersebut berada di sekitar destinasi wisata," kata Wakil Bupati Jember A. Muqit Arief di Jember, Selasa.

Menurutnya, pembentukan pokdarwis direncanakan di Desa Curahnongko-Kecamatan Tempurejo yang memiliki produk unggulan berupa pembuatan jamu tradisional, serta budi daya tanaman toga. 

Kemudian pokdarwis di Pantai Payangan dan Pantai Watu Ulo di Desa Sumberejo-Kecamatan Ambulu, serta pokdarwis di Pantai Papuma, Desa Lojejer-Kecamatan Wuluhan.

"Pembentukan pokdarwis tersebut menambah jumlah kelompok pokdarwis yang sudah ada di sejumlah destinasi wisata di Jember," katanya.

Selain pembentukan pokdarwis, lanjut dia, pemerintah juga melakukan kegiatan penyuluhan yang bekerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Jember.

"Penyuluhan pokdarwis pada tahun 2017 akan dilakukan di Desa Ledokombo, Kecamatan Ledokombo. Kegiatan yang kita lakukan tersebut menambah pengetahuan masyarakat tentang kegiatan Sapta Pesona Pariwisata yakni sejuk, indah, aman bersih, tertib, ramah, dan kenangan," tuturnya.

Muqit mengatakan Pemkab Jember ke depan juga akan meningkatkan pertumbuhan kreatifitas masyarakat, disamping menggali potensi wisata atau meningkatkan kunjungan wisata melalui pokdarwis.

"Pemerintah akan mengupayakan untuk mensosialisasikan dan memasarkan hasil kreatifitas masyarakat Jember melalui Dinas Komunikasi dan Informasi. Upaya itu salah satunya dengan membuat program sistem informasi terintegrasi karena nantinya akan di buat website produk yang sesuai dengan standar mutu nasional atau internasional," ujarnya menambahkan.

Sementara Kasi Pemasaran dan Penyuluhan Kantor Pariwisata Jember Deta Irama Kasih mengatakan pembentukan pokdarwis tersebut sangat penting untuk membuat nyaman pengunjung untuk bisa datang kembali ke kawasan objek wisata tersebut.

"Berbagai penyuluhan akan dilakukan untuk mewujudkan pokdarwis dan mereka berperan untuk menjaga kebersihan lingkungan di kawasan wisata, menciptakan rasa aman, dan memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap sektor wisata," tuturnya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016