Sumenep (Antara Jatim) - Galian sumur milik warga Desa Gadding, Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep, Sunawi, mengeluarkan bau menyengat seperti karbit dan sesekali asap.

"Dari dalam lubang yang merupakan titik galian sumur itu keluar sesuatu seperti gas dan baunya seperti karbit," ujar Kepala Desa Gadding, Busairi di Sumenep, Jawa Timur, Rabu.

Informasinya, Sunawi berencana menggali sumur di halaman depan rumahnya dengan cara mengebor pada Senin (28/11).

Pada Selasa (29/11) sore, alat untuk mengebor sumur itu tiba-tiba macet dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya ketika kedalaman galian sekitar 35 meter.

Pekerja akhirnya mengangkat alat untuk mengebor sumur tersebut, guna mengecek kemungkinan adanya kerusakan.

Namun, ternyata dari lubang yang digali untuk sumur itu mengeluarkan bau menyengat seperti karbit dan sesekali asap.

"Ada sesuatu diduga seperti gas dan bisa menerbangkan plastik, jika diletakkan tepat di atas lubang galian sumur tersebut," kata Busairi, menerangkan.

Selain itu, sesuatu yang keluar dari lubang galian sumur tersebut menjadi kobaran api jika disulut dengan korek api.

"Sejak Selasa (29/11) sore, pengerjaan untuk membuat sumur dengan cara mengebor itu sudah dihentikan. Kami memang meminta warga kami untuk menghentikannya sementara waktu," ujarnya, menambahkan.

Busairi juga mengemukakan, pihaknya telah menyampaikan temuan sumur yang mengeluarkan bau menyengat seperti karbit dan sesekali asap itu kepada pihak terkait di Kantor Kecamatan Manding. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016