Surabaya, (Antara Jatim) - Festival musik jazz yang bertajuk "Jazz Heritage" akan digelar dengan mengangkat kearifan lokal yang menggabungkan alunan musik jazz kontemporer dan seni lukis dan pahat, dan digelar di Candi Bajang Ratu Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur pada Sabtu (26/11).

"Jazz Heritage kali ini adalah puncak penampilan dari beberapa pre even yang kami gelar sebelumnya. Ada banyak seni lokal yang digabungkan dengan alunan musik jazz di sini," ucap Ketua Pelaksana Jazz Heritage Cristy Widyawati di Surabaya, Jumat.

Cici, panggilan akrab Cristy mengatakan tema yang diusung dalam pagelaran festival kali ini adalah "Rise of the Legacy", dan digelar untuk memperingati HUT 723 Kerajaan Majapahit, sehingga puncak acara digelar di sekitar Candi Bajang Ratu.

"Acara ini kami gelar dengan kolaborasi beberapa mahasiswa dari "Hotel and Tourism Business" (HTB) Universitas Ciputra Surabaya, dan dimulai pukul 15.00 WIB hingga 20.00 WIB," katanya.

Cici mengaku festival ini sengaja mengangat kearifan lokal Kerajaan Majapahit, sebab pertunjukan musik jazz yang ditampilkan nantinya tidak hanya menghibur, namun mengangkat keunikan nilai budaya lokal sekitar warga Mojokerto.

"Untuk masyarakat Mojokerto yang ingin menonton acara ini kami gratiskan, sedangkan untuk masyarakat luar kota tiket kami jual Rp30 ribu," ucapnya

Cici mengatakan, dalam festival ini pihaknya juga akan mengajak penonton mengikuti 'edutour' di Kampung Batu Trowulan untuk mengenal potensi pariwisata yang edukatif melalui kreatifitas tradisional

Ia berharap, kegiatan yang murni untuk mendukung budaya lokal ini bisa kembali membangkitkan kearifan masyarakat Indonesia yang semakin tergerus dengan adanya teknologi global.
     
Sementara itu, beberapa seniman yang akan menghibur pada acara ini antara lain Mr D (one finger guitarist), Getah-getih Majapahit (seniman lokal Trowulan), Jazzoke (Juara kompetisi Jazz Your Music Your Legacy), dan Abstract (band akustik Universitas Ciputra).(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016