Jombang (Antara Jatim) - Lembaga Kesehatan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LK PBNU) mengajak para santri di Jawa Timur, untuk selalu berperilaku hidup bersih dan sehat, sebagai bagian dari program gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).
     
"Kami adakan acara ini, sebagai upaya mengajak para santri untuk hidup bersih dan sehat. Jadi, kami punya 'tagline' utama 'Pesantrenku Bersih Santri pun Sehat'," kata Wakil Sekretaris LKPBNU Sofiniah Ghufron di sela sosialisasi program Germas di Pondok Pesantren Darul Ulum, Desa Rejoso, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Sabtu.
     
Ia mengatakan, kegiatan ini sengaja diselenggarakan di PP Darul Ulum, Jombang. Namun, dalam acara ini juga dihadiri perwakilan pondok pesantren se-Jawa Timur.
     
Ke depan, mereka diharapkan bisa menyampaikan informasi yang telah diterima dalam sosialisasi tersebut ke rekan-rekan mereka di pondok pesantren, sehingga ilmu yang didapatkan bisa bermanfaat. 
    
"Kami berharap, dengan kegiatan ini akan tersosialisasi perilaku hidup bersih sehat dengan program ini, sehingga pengetahuan dan pemahaman para santri pun meningkat," kata perempuan yang juga "Program officer" Germas ini.  

Sementara itu, Wakil Bupati Jombang Mundjidah Wahab yang hadir dalam acara itu mendukung sepenuhnya kegiatan tersebut. Terlebih lagi, kegiatan ini diselenggarakan di pondok pesantren, dengan peserta para santri, sehingga ke depan diharapkan bisa membuat para santri lebih peduli pada kesehatannya. 
    
"Tentunya acara ini membuat masyarakat pesantren lebih peduli pada kesehatan. Lembaga kesehatan seperti pos kesehatan pesantren perlu didirikan, bukan hanya untuk kebutuhan para santri, tapi juga bisa masyarakat di lingkungan pesantren," katanya.
     
Ia menegaskan, kesehatan adalah masalah yang harus diperhatikan. Ia tidak ingin para santri sakit, terlebih lagi terkena obat-obatan terlarang. Untuk itu, ia pun meminta para santri waspada dan tidak meremehkan tentang narkoba.  
    
Dalam acara itu, para santri juga membubuhkan tanda tangan di papan yang disediakan panitia, sebagai bentuk dukungan terhadap program gerakan masyarakat hidup sehat tersebut.   
     
Acara germas tersebut merupakan program yang digagas oleh Kementerian Kesehatan melalui pusat promosi kesehatan (Promkes). Sosialisasi gerakan tersebut salah satunya bekerjasama dengan LKPBNU. 
     
Kegiatan ini digelar di dua lokasi, yaitu di Pondok Pesantren Khas Kempek Cirebon, Jawa Barat pada awal Oktober 2016 serta Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang Jawa Timur, 18-19 November 2016.
     
Kegiatan tersebut dirangkai dalam dua bentuk acara yakni talkshow dan lokakarya. Selain para santri, kegiatan itu juga dihadiri para tamu undangan, dari muspida Kabupaten Jombang, Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, muslimat, fatayat maupun badan otonom Nahdlatul Ulama (NU) lainnya dari Kabupaten Jombang, dan berbagai tamu undangan lainnya. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016