Sidoarjo, (Antara Jatim) - Sebanyak 18 kecamatan di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, mengikuti kegiatan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Sidoarjo tahun 2016 yang mempertandingkan 31 cabang olahraga.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sidoarjo M Franki Effendi saat dikonfirmasi di Sidoarjo, Jumat, mengatakan, dengan adanya Porkab 2016 ini diharapkan bisa menjadi salah satu upaya untuk mencari bibit bibit atlet yang ada di Sidoarjo.

"Kami optimistis jika kegiatan ini bisa memunculkan bibit-bibit muda, mengingat seluruh kecamatan di Sidoarjo ini hampir seluruhnya mengeluarkan atlet terbaik mereka untuk mengikuti kegiatan ini. Meskipun, ada beberapa cabang olahraga yang sepenuhnya tidak bisa diikuti, seperti cabang olahraga tinju," katanya.

Ia mengemukakan, akan menjadi tanggungjawab dari KONI Kabupaten Sidoarjo untuk menumbuhkan dan mencari bibit atlet dari tingkat kecamatan ini.

"Dengan adanya kepengerusan KONI di Sidoarjo periode 2016-2020 ini bisa mensertakan dan memeratakan semua atlet yang ada di seluruh kecamatan untuk mendapatkan peluang yang sama mengukir prestasi," katanya.

Ia mengatakan, untuk mencari bibit unggul pihaknya juga akan melakukan "sport science" dengan menggandeng salah satu perguruan tinggi di Surabaya.

"Kami juga akan melakukan sertifikasi kepada pelatih untuk menjadi seorang pelatih yang profesional di bidangnya serta memberikan pelatihan yang bagus kepada para atlet. Begitu juga dengan wasit, juga akan dilakukan pelatihan supaya menjadi wasit yang setara nasional atau bahkan internasional," katanya.

Ia menambahkan, usai bertanding dalam Porkab ini para atlet kedepan akan diikutkan kepada jenjang yang lebih tinggi yakni Pekan Olahraga Provinsi (Porprov).

"Kami akan mengusulkan supaya pelaksanaan Porprov ini bisa dilangsungkan pada tahun 2017 supaya jarak usia bertanding para atlet ini tidak terlalu jauh," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016