Surabaya (Antara Jatim) - Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lukman memimpin upacara peringatan HUT ke-71 Korps Marinir di kaki Jembatan Suramadu atau Pantai Tambak Wedi, Kenjeran, Surabaya, Selasa.

Dalam peringatan hari jadi Korps Baret Ungu yang dirayakan dengan melibatkan masyarakat (nelayan) itu dihadiri Kasgartap III Surabaya Brigjen TNI (Mar) Amirudin Harun, Wadan Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Gunung Heru, dan Kasarmatim Laksma TNI IGN Ariawan Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang.

Selain itu, Danlantamal V Laksma TNI Edi Sucipto, Danguspurlatim Laksma TNI Dodik Hartanto, Dankodikopsla Laksma TNI Sandi Asmara, Danpuspenerbal Laksma TNI Simorangkir, Danlanud Abd Saleh Marsma TNI H. RM Djoko Senoputro, Wagub Jatim Drs. H Saifullah Yusuf, dan pejabat TNI/Polri di Surabaya.

Upacara ditandai dengan pembacaan amanat Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi oleh Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lukman.

Dalam amanatnya, KSAL menyampaikan upacara peringatan HUT ke 71 Korps Marinir tahun 2016 dilaksanakan secara serentak di seluruh satuan Marinir dengan suasana kesederhanaan dan melibatkan masyarakat sekitar untuk mempererat kebersamaan prajurit Korps Marinir dengan rakyat.

"Selama 71 tahun pengabdiannya, Korps Marinir telah meraih berbagai keberhasilan penugasan dalam bentuk operasi dan latihan serta perbantuan kepada pemerintah daerah dan Polri," katanya.

Beberapa prestasi yang menonjol antara lain pencarian dan evakuasi korban kecelakaan penerbangan pesawat Air Asia, pemadaman kebakaran hutan, menggagas Gerakan Nasional "Save Our Littoral Life" (SOLL) dalam menyelamatkan ekosistem pesisir, dan keberhasilan melumpuhkan salah satu pemimpin kelompok teroris melalui Operasi Tinombala.

"Semua capaian tersebut adalah refleksi dari daya juang yang tinggi dan kerelaan berkorban dari setiap individu prajurit Korps Marinir saat melaksanakan tugas. Hal ini juga terjadi tidak lepas dari dukungan keluarga dan masyarakat," ungkap KSAL.

KSAL juga menekankan agar senantiasa menjaga soliditas antara TNI/Polri, Pemerintah dan Rakyat guna memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa serta tidak melibatkan diri pada politik praktis, terutama pada masa pilkada serentak.

Setelah upacara militer usai, kegiatan dilanjutkan dengan pengangkatan Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H Saifullah Yusuf sebagai warga kehormatan Pasmar-1 yang ditandai dengan pemakaian jaket Marinir dan topi Pasmar-1 oleh Komandan Pasmar-1.

Sebelumnya, Baret dan topi tersebut dibawa oleh dua peterjun prajurit Batalyon Intai Amfibi-1 Marinir yang mendarat di tengah-tengah lapangan Taman Suramadu.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lukman, Wagub Jatim Drs. H Saifullah Yusuf dan Ketua Korcab Pasmar-1 Ny. Lukman. Acara juga dimeriahkan dengan terjun payung, kolone senapan "Marinir Junior",bakti sosial kesehatan, dan pelawak Tarsan dan Polo.

Dalam kesempatan lain (15/11), Komandan Lantamal V Surabaya Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto meresmikan satuan reaksi cepat Lantamal V yang disebut dengan Satgas EFQR-V (Eastern Fleet Quick Response Lantamal V) di lapangan Yos Sudarso Markas Komando Lantamal V.

"Untuk dapat merespons dengan cepat permasalahan yang ada di wilayah kerja Lantamal V maka perlu dibentuk satuan tugas EFQR yang dilengkapi dengan sistem pengamanan dan komunikasi yang memadai serta didukung oleh alat deteksi yang modern sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi," katanya.

Edi juga berharap dibentuknya satuan tugas ini maka dapat melaksanakan aksi penindakan dengan cepat dalam bentuk optimalisasi respons represif yang fleksibel dan profesional dalam menanggulangi berbagai insiden/kejadian di laut, baik yang berupa tindak pidana maupun kecelakaan di laut yang terjadi di wilayah kerja Lantamal V.

"Dengan maraknya perompakan, pembajakan, tindakan kekerasan, perampasan dan penyelundupan serta tindakan kejahatan lainnya, memerlukan perhatian yang serius khususnya di wilayah kerja Lantamal V, karena itu kami mendirikan posko EFQR-V di Mako Lantamal V," katanya. (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016