Surabaya (Antara Jatim) - Ratusan turis mengunjungi Balai Kota Surabaya melalui Kapal Pesiar MS. Volendam  yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Senin.
     
 Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan kapal pesiar MS. Volendam yang mampu mengangkut 1.432 penumpang dan 647 kru kapal, merupakan kapal pesiar kedua yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak pada tahun ini.
     
"Dalam setahun, kapal pesiar berstandar internasional tersebut bisa mampir di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya antara dua hingga empat kali," katanya. 
     
 Wiwiek Widayati menjelaskan sebanyak 108 orang mengikuti paket Surabaya Discovery Tour dengan rute meliputi Patung Djoko Dolog–Balai Kota–Monumen Kapal Selam–Pasar Bunga Kayoon–House of Sampoerna.
     
 "Bagi wisatawan yang tidak mengikuti paket reguler, mereka menyebar ke seluruh Surabaya dengan agenda masing-masing. Mereka bisa naik becak dari pelabuhan atau taksi untuk berkeliling kota, karena dari pelabuhan sudah ada tim dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surabaya memberikan petunjuk. Mereka juga bisa melakukan Wisata Religi di Ampel, atau jelajah Kalimas," ujar Wiwiek.
     
Setibanya di Balai Kota, kata dia, para wisatawan tersebut disambut dengan Tarian lenggang Surabaya dan tarian Reyog lengkap dengan sepasang dadak merak. 
     
 Selain itu, lanjut dia, para wisatawan asing ini juga diberikan sajian khas Surabaya, mulai dari Kelepon, hingga Sinom. Sembari menikmati makanan tersebut, mereka berkeliling gedung peninggalan Belanda yang kini difungsikan sebagai gedung pemerintahan.
     
Para wisatawan umumnya terkesima dengan interior balai kota, salah satunya Suzan Wong, wanita asal Canada ini datang bersama suaminya dan sangat antusias mengeksplorasi balai kota. 
     
 "Ini kunjungan pertama saya ke Surabaya, saya selalu suka dengan bangunan peninggalan Belanda, saya ingin lekas lihat bangunan di atas (balai kota lantai 2)," kata Suzan. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016