Surabaya (Antara Jatim) - Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem Jawa Timur menargetkan 14 kursi legislatif di DPRD Tingkat I pada Pemilihan Umum 2019 sekaligus memiliki satu perwakilan di setiap daerah pemilihan.

"Targetnya setiap daerah pemilihan satu kursi ditambah tiga kursi lainnya," ujar Ketua DPW Partai Nasdem Jatim Rendra Kresna ketika dikonfirmasi wartawan di Surabaya, Jumat.

Pihaknya mengaku optimistis karena selama ini telah malakukan konsolidasi di DPD se-Jatim yang membuat kekuatan partai terukur.
 
Kendati hasil survei yang pernah dilakukan pada tahun ini posisi pemilih Partai Nasdem turun dari tujuh persen menjadi tiga persen, kata dia, ia yakin bisa meraih suara signifikan, baik di pemilihan kepala daerah maupun Pemilu legislatif mendatang.
 
"Survei bolehlah begitu, tapi kenyataan nanti yang akan berbicara. Seperti di Pemilihan Presiden Amerika Serikat saat ini, tidak ada lembaga survei yang menyatakan Donald Trump menang, tapi ia bisa membalikkan keadaan," ucapnya.
 
Terkait Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018, Bupati Malang tersebut mengaku akan mebuka peluang bagi calon di luar kader, namun tetap memperhatikan survei mengukur elektabilitas maupun popularitas.

"Tidak hanya bakal calon gubernur yang memiliki elektabilitas dan popularitas bagus saja akan kami dukung, melainkan diinginkan rakyat," katanya.

Dukungan tersebut, lanjut dia, tidak terbatas atas kader dari internal atau tidak, namun memberi peluang dukungan kepada siapapun yang ingin maju, termasuk kader yang santer dikabarkan maju, Hasan Aminuddin.
 
"Kalau ada dari internal partai dan diinginkan oleh masyarakat Jatim, silakan maju. Soal nama nanti dulu, masih lama juga Pilkadanya," kata mantan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Malang tersebut. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016