Madiun (Antara Jatim) - Pemerintah Republik Indonesia mengajak seluruh masyarakatnya, terlebih para kaum muda, untuk meneladani nilai-nilai kepahlawan sebagai perwujudan mengisi kemerdekaan dan memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November setiap tahunnya.

"Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan 10 November 2016, kita sebagai bagian dari bangsa diajak untuk meneladani nilai-nilai luhur pahlawan yang diwariskan kepada kita semua untuk menjaga keutuhan NKRI," ujar Bupati Madiun Muhtarom saat membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial RI sebagai momentum refleksi dalam kegiatan upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun 2016 di halaman Pendopo Muda Graha Madiun, Kamis.

Menurut dia, nilai-nilai kepahlawanan yang diwariskan tersebut antara lain, taqwa kepada Tuhan YME, pantang menyerah, jujur dan adil, percaya kepada kemampuan diri sendiri, serta bekerja keras untuk membangun Indonesia yang sejahtera.

"Nilai-nilai tersebut telah dimiliki para pahlawan yang berjuang hingga Bangsa Indonesia dapat merdeka dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia," kata dia.

Nilai-nilai tersebutlah yang harus terus ditumbuhkan dan diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari oleh rakyat Indonesia saat ini agar menjadi bangsa yang besar.

Melalui momentum Hari Pahlawan, pemerintah juga mengajak rakyatnya untuk meneladani semangat kepahlawanan berupa semangat rela berjuang dengan penuh idealisme yang mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi. 

"Juga semangat kepahlawanan menjaga persatuan bangsa, yakni persatuan yang bulat dan mutlak dengan tidak mengecualikan sesuatu golongan dan lapisan. Semangat kepahlwanan yang menjadi dasar membentuk dan membangun negara," kata Muhtarom membacakan sambutan menteri.

Atas sambutan tersebut, bertepatan dengan momentum Hari Pahlawan, Bupati Muhtarom meminta kepada masyarakatnya, terlebih warga Kabupaten Madiun, untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI dengan meningkatkan toleransi dan kebersamaan.

Ia meminta warganya untuk tidak membeda-bedakan. Karena semuanya adalah satu, yakni Bangsa Indonesia. 

"Semuanya mempunyai tanggung jawab untuk menjaga Indonesia dan lebih khususnya Kabupaten Madiun tetap guyub, aman, dan sentosa," katanya. 

Sementara, dalam upacara peringatan Hari Pahlawan tersebut, bertindak selaku inspektur upacara adalah Bupati Madiun Muhtarom serta peserta upacara para karyawan dan karyawati di lingkungan Pemkab Madiun. Hadir pula dalam kegiatan tersebut Wabup, Sekda, anggota Forpimda atau yang mewakili, pimpinan SKPD, Camat, pejabat eselon III dan IV, Veteran, TP PKK, dan pengurus Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Madiun. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016