Sidoarjo, (Antara Jatim) - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga membuka kegiatan "Tanggulangin Fair 2016" yang berlangsung sejak 8 November sampai dengan 7 Desember 2016 Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa.

"Kegiatan pameran produk UKM seperti ini perlu dilakukan karena bisa mempromosikan hasil produksi dari para pelaku UKM yang ada di Kabupaten Sidoarjo," katanya di sela kegiatan.

Ia mengemukakan, apa yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo ini sudah "on the track" dalam pengembangan industri UKM yang ada di kabupaten setempat.

"Kami melihat  dua langkah yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo ini, yang pertama adalah penguatan pelatihan UKM dan yang kedua adalah pemberian pembiayaan produksi UKM dengan kerja sama bank," katanya.

Selain itu, kata dia, upaya yang sudah dilakukan ini adalah menggelar pameran seperti ini yang berlangsung selama satu bulan.

"Saya juga sudah mengunjungi beberapa stand dan terlihat produk yang dihasilkan tersebut sudah ekspor sampai dengan beberapa kota di luar negeri seperti ke Australia dan juga ke Eropa," katanya.

Dirinya menyatakan jika UKM merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia karena mampu mengangkat perekonomian masyarakat.

"Seperti pada peristwa 1998, dimana ekonomi Indonesia sempat minus 13 persen dan empat bulan kemudian melalui UKM bisa tumbuh sampai dengan 4 persen," katanya.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan kegiatan pamern UKM ini diharapkan bisa meningkatkan pendapatan dan roda perekonomian para pelaku UKM yang ada di Tanggulangin ini.

"Tanggulangin ini terkenal dengan hasil produk UKM terutama kerajinan kulit, bahkan beberapa di antara produknya itu sudah diekspor keluar negeri seperti ke Italia," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016