Sidoarjo, (Antara Jatim) - Pameran produk unggulan para santri mewarnai peringatan Hari Santri Nasional 2016 pada 22 Oktober yang digelar di Alun-Alun Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan, dalam kegiatan ini terdapat sebanyak 72 stan yang ikut memamerkan hasil produk kerajinan para santri mereka.

"Tidak hanya mumpuni dalam bidang agama, ini bukti santri juga piawai dalam berwirausaha dengan adanya pameran produk yang dihasilkan oleh para santri ini," katanya saat pembukaan kegiatan peringatan hari santri di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat.

Ia mengemukakan, salah satu produk unggulan tersebut di antaranya adalah busana muslim, hasil kerajinan pesantren, tas perempuan dan juga sejumlah stand makanan.

"Selain pameran produk santri, pada hari yang sama, juga digelar pembacaan 1 Miliar Shalawat Nariyah," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, anak-anak santri harus belajar bahasa asing untuk bersaing bebas dalam berdagang guna melayani kebutuhan orang luar negeri yang membutuhkan barang-barang asal Sidoarjo.

"Mau tidak mau, harus belajar bahasa asing karena pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sudah berlangsung seperti sekarang ini. Salah satu produk andalan Sidoarjo yaitu sepatu dan produk kulit asal Tanggulangin," katanya.

Selanjutnya, digelar Upacara Hari Santri pada Sabtu (22/10) pagi yang diikuti oleh 22 peleton dari Lembaga dan Banom PCNU Sidoarjo.

Kegiatan dilanjutkan pada Sabtu (22/10) malam, bertajuk Malam Munajat 1000 Santri yang bakal dihadiri di antaranya KH Zawawi Imron. Gebyar Hari Santri diakhiri dengan kegiatan Jalan Sehat Santri yang bakal diikuti 22 ribu peserta, pada Minggu (23/10).(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016