Jember (Antara Jatim) - Jember Marching Band menyabet juara kategori internasional untuk perkusi dalam kompetisi marching band tingkat Asia, Winter Guard International (WGI) Championships 2016 yang digelar di Kuala Lumpur Malaysia pada 15-16 Oktober 2016.

"Alhamdulillah saat final, Jember Marching Band menyabet juara semua kategori di perkusi dan mengalahkan tuan rumah Malaysia," kata pembina Jember Marching Band Tri Basuki melalui pesan singkat yang diterima Antara di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu malam.

Menurutnya Jember Marching Band menyabet juara pertama music, juara pertama music effect, juara pertama visual, juara pertama visual effect, dengan poin tertinggi jauh meninggalkan lawan.

"Dengan hasil itu, Jember Marching Band mendapatkan juara WGI Asia di Malaysia dan juara kategori internasional untuk perkusi," tuturnya.

Ia mengaku bangga dengan hasil yang diperoleh tim Jember Marching Band dalam kompetisi marching band tingkat Asia tersebut karena persiapan dan latihan yang disiapkan selama satu tahun tidak sia-sia.

"Dukungan penonton warga Indonesia di Stadium Badminton Kuala Lumpur membawa pengaruh besar bagi tim Jember Marching Band, sehingga mereka berhasil meraih posisi pertama pada babak 'preliminary show' dan menggungguli tim-tim tuan rumah," katanya.

Selain Jember Marching Band yang menyabet juara kategori perkusi internasional, tim Jawaahirul Hikmah dari Indonesia juga menjadi juara dalam kategori internasional untuk colorguard.

Secara umum untuk perkusi, juara pertama diraih Jember Marching Band dari Indonesia, juara kedua juga masih ditempati oleh tim dari Indonesia yakni Listya Dwijaswara, dan juara ketiga diduduki tim tuan rumah Voice of Percussion dari Malaysia.

Ada tiga kategori dalam lomba marching band WGI di Malaysia yakni percussion ensemble, brass wind contest, dan color guard contest yang akan diikuti oleh 18 peserta dari beberapa negara di Asia.

"Setelah mengikuti kompetisi marching band tingkat Asia di Malaysia, maka Jember Marching Band akan mengikuti kompetisi WGI di Indonesia yang digelar di Kota Surabaya, Jawa Timur," kata Tri Basuki.

Tour WGI tersebut akan digelar di tiga negara di Asia yakni Malaysia, Indonesia, dan Jepang, namun Jember Marching Band hanya mengikuti kompetisi marching band tingkat Asia itu di Indonesia dan Malaysia.*

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016