Surabaya (Antara Jatim) - Ratusan seniman melukis Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul saat minum kopi (ngopi) di sela Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) yang iselenggarakan di Surabaya, Rabu.

"Lukisan ini sekaligus lomba dan pesertanya adalah seniman-seniman yang ambil bagian di pameran," ujar Kepala PSLI M. Anis kepada wartawan di sela acara.

Alasan utama dilukisnya Saifullah Yusuf, kata dia, karena sebagai Wagub Jatim dan bentuk penghargaan telah mencintai serta peduli terhadap seniman, khususnya pelaku seni rupa.

Selain itu, lanjut dia, PSLI yang digelar mulai 7-16 Oktober 2016 ini merupakan rangkaian dari kegiatan memperingati Hari Jadi ke-71 Provinsi Jawa Timur.

Penyelenggaraan PSLI ini memasuki tahun ke-9 dan digelar sebagai ajang pertemuan seniman, kolektor, galeri dan masyarakat pecinta seni yang menampilkan lebih dari 6.000 karya lukis 210 pelukis.

Pada kesempatan tersebut, ratusan pelukis diberi kesempatan selama sejam untuk menggambar wajah di atas kanvas dengan model Wagub Jatim duduk sembari minum secangkir kopi.

Kurang dari setengah jam, tidak lebih dari separoh peserta selesai melukis dan langsung diserahkannya kepada Gus Ipul, sapaan akrab Wagub Jatim.

"Wah, luar biasa lukisan-lukisannya. Ternyata wajah saya lumayan ya," ucapnya sembari tertawa.

Orang nomor dua di Pemprov Jatim tersebut mengatakan, dari segi kualitas seniman-seniman lukis di Jatim dinilainya sudah bagus, bahkan bisa bersaing dengan pelukis internasional di era Masyarakat Ekonomi ASEAN ini.

"Buktinya di pasar seni lukis sekarang ini, bagaimana mereka melukis dengan indah dan berbagai tema. Seniman-seniman seperti ini harus mendapat perhatian agar mampu bersaing dengan pelukis asing," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016