Jember (Antara Jatim) - Realisasi sebanyak 1.013 rumah bersubsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah di Kabupaten Jember, Jawa Timur pecahkan rekor di museum rekor dunia Indonesia (MURI) dalam hal realisasi rumah terbanyak se-kabupaten di Indonesia.

"Saya mewakili Ketua MURI Bapak Jay Suprana mengumumkan dan mengesahkan akad kredit rumah subsidi terbanyak se-kabupaten yakni sebanyak 1.013 unit di Jember akan dicatat sebagai rekor MURI ke-7.570," kata perwakilan MURI Sri Widayati di alun-alun Kabupaten Jember, Rabu.

Untuk itu, pihak MURI akan memberikan penghargaan kepada sejumlah pihak penyelenggara, prakarsa, dan pendukung realisasi kredit rumah sebanyak 1.013 unit di antaranya Bupati Jember Faida, Kepala BPN Jember Djoko Susanto, dan pihak DPD REI Jatim.

Dirjen Pembiayaan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Maurin Sitorus mengatakan realisasi subsidi kredit rumah sebanyak 1.013 unit di Jember merupakan sesuatu yang luar biasa.

"Kegiatan ini bisa memberikan harapan yang cukup besar bahwa ke depannya bisa dilakukan realisasi kredit rumah bersubsidi lebih banyak lagi karena tidak mudah memberikan realisasi kredit sebanyak 1.013 unit per hari," tuturnya.

Ia menjelaskan pemerintah siap memberikan dukungan pembiayaan dalam memberikan subsidi rumah kepada masyarakat karena berdasarkan data secara nasional tercatat sebanyak 82,4 persen warga yang memiliki rumah, sedangkan sisanya belum memiliki rumah.

"Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla melalui kebijakannya memberikan skala prioritas melaui program pembangunan 1 juta rumah yang merupakan Perwujudan Nawa Cita Presiden dan Reformasi Agraria," katanya.

Sementara Bupati Jember Faida mengatakan pencapaian rekor MURI tersebut bukan tujuan utamanya dalam program realisasi 10.13 rumah bersubsidi di Jember karena yang diperlukan adalah semangat gotong royong.

"Terlaksananya realisasi KPR-BTN sebanyak 1.013 rumah subdisi itu merupakan bukti kekuatan bangsa Indonesia yang berakar dari semangat gotong royong, sehingga semangat gotong royong harus terus digaungkan," tuturnya.

Ia berjanji akan memberikan subsidi rumah kepada TNI, Polri, dan PNS sebanyak 1.002 rumah dan menyiapkan sebanyak 1.003 rumah subsidi bagi kaum buruh di Kabupaten Jember karena hak memiliki rumah merupakan hak dasar setiap warga negara.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016