Kediri (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur mendorong pemerintah desa untuk ikut mengembangkan potensi pariwisata di daerahnya, agar bisa dikelola dengan lebih baik, sehingga ikut memberikan sumbangan pendapatan bagi daerah.
     
Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkab Kediri Haris Setiawan, Sabtu mengemukakan di daerah sebenarnya ada banyak potensi wisata menarik. Bahkan, ada yang belum dikelola dengan baik.
    
"Nanti seluruh wisata akan diinventarisasi dengan baik, termasuk adanya destinasi wisata baru 'Goa Laler' (Goa Lalat) di Desa Joho, Semen," katanya saat dikonfirmasi.
     
Ia mengatakan, pemerintah kabupaten saat ini intensif meminta pemerintah di desa aktif. Dengan bisa mengelola pariwisata di daerahnya, akan ada pendapatan lebih yang bisa didapat, misalnya dari parkir ataupun dari sektor lainnya.
     
Di Kabupaten Kediri terdapat destinasi wisata baru yang cukup menarik. Destinasi wisata alam itu berupa goa yang berada di Dusun Dasun, Desa Joho, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri.
     
Goa tersebut berada di kawasan Gunung Wilis. Goa itu juga masih belum dikelola dengan baik. Jalur menuju ke sana masih dipenuhi dengan beragam tanaman serta semak belukar, sehingga diperlukan benda tajam baik pisau ataupun sabit untuk memotong semak belukar tersebut.
     
Nama Goa Laler tersebut diambil dari cerita masyarakat sekitar, dimana dulunya ada serdadu Belanda yang bersembunyi di goa ini. Karena terlalu lama bersembunyi, mereka akhirnya meninggal dunia dan dikerubuti lalat banyak, sehingga oleh masyarakat setempat goa ini dinamakan Goa Laler. 
     
Selain Goa Laler terdapat pula goa lain yang saling berdekatan yaitu Goa Landak dan Goa Macan. Ketiga goa ini saling tembus dan berhubungan satu dengan yang lain.
    
Kepala Desa Joho Deddy Saputra mengakui saat ini lokasi goa tersebut belum dikelola dengan maksimal. Ia mengatakan, masih ada beberapa pembenahan yang dilakukan sebelum tempat itu menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik di daerah ini.
     
"Memang tempat wisata ini masih memerlukan banyak sekali pembenahan agar bisa menarik minat wisatawan," ujarnya.
     
Pihaknya berencana menjadikan goa ini sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di daerah ini. Selama ini, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, lebih banyak terkenal dengan wisata religi serta wisata alamnya sumber podang. Namun, dengan adanya destinasi wisata baru itu, tentunya akan semakin menambah referensi lokasi wisata yang menarik dikunjungi di tempat tersebut. 
     
Pihaknya juga berharap, dengan adanya destinasi wisata yang baru itu bisa menggerakkan roda perekonomian warga. Mereka bisa ikut mengelola tempat wisata baru itu, termasuk membangun gazebo untuk pengunjung sebagai tempat istirahat maupun berjualan. 
     
"Ke depannya akan kami bangun gazebo-gazebo untuk pengunjung beristirahat sambil menikmati keindahan sepanjang jalan menuju Goa Laler. Nantinya, juga bisa dimanfaatkan untuk berjualan, sehingga bisa meningkatkan perekonomian warga sekitar," kata Deddy. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016