Surabaya (Antara Jatim) - Renovasi Gedung Negara Grahadi di Jalan Gubernur Suryo Surabaya ditarget selesai Desember sekaligus memperbaiki sejumlah bagian-bagian yang dianggap sangat perlu diganti.

"Pengerjaan renovasi ditarget rampung Desember 2016," ujar Pelaksana Proyek PT Wiratama Graha, Wiratmoko, ketika dikonfirmasi di Surabaya, Rabu.

Namun, kata dia, khusus untuk renovasi lantai satu targetnya sebelum Hari Ulang Tahun Provinsi Jawa Timur pada 12 Oktober 2016 sehingga pengerjaannya diprioritaskan.

"Awal Oktober harus selesai yang dilantai satu karena ada peringatan HUT Provinsi Jatim, makanya pekerja lembur mengerjakannya," ucapnya.

Sedangkan, bagian-bagian yang akan direnovasi lainnya meliputi kelistrikan, hydrant, penggantian plafon, penggantian atap hingga pemasangan "wallpaper" dinding.

Renovasi tidak hanya di bagian ruang utama, bagian sayap kanan kiri juga mengalami renovasi, khususnya di bagian atap.

Selain itu, masalah hydrant dalam renovasi kali ini juga mendapat perhatian utama karena sekarang sudah berumur tua sehingga ada perbaikan seperti sensor otomatis jika ada kebakaran.

Untuk perubahan desain, lanjut dia, tidak mengubah bentuk dan fungsi yang sudah ada saat ini, kecuali mengganti detail-detail interiornya saja.

"Seperti plafon sekarang akan dibuang dan diubah seperti aslinya yaitu menggunakan kayu yang diplitur dan dikembalikan ke bentuk klasik," katanya.

Sementara itu, Kepala Biro Umum Setdaprov Jatim Hizbul Wathon mengatakan untuk renovasi Gedung Negara Grahadi sudah menjadi ranah Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Tata Ruang Jatim.

"Biro Umum berwenang jika nanti renovasi nanti selesai, karena tugas Biro Umum yakni merawat atau memelihara gedung yang sekarang ada," kata mantan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyar tersebut. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016