Sumenep (Antara Jatim) - Puluhan warga Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Kamis, mengikuti panjat pinang di aliran Kali Marengan di Kecamatan Kota yang digagas relawan "Said Abdullah Institute" (SAI) guna memeriahkan HUT ke-71 Kemerdekaan RI.

"Selain panjat pinang, kami juga akan menggelar lomba lari karung dan lari bakiak. Saat ini, pelaksanaan tiga kegiatan tersebut sangat jarang dan kami ingin 'menghidupkan' lagi guna merayakan Hari Kemerdekaan," ujar Direktur SAI, Januar Herwanto di Sumenep.

Dulu, kata dia, lomba panjat pinang, lari karung, dan lari bakiak selalu menjadi bagian dari kemeriahan perayaan Hari Kemerdekaan RI.

"Namun, saat ini, kegiatan yang sangat memasyarakat itu mulai hilang dan bisa saja dianggap telah ketinggalan zaman. Kami tidak ingin kegiatan yang memasyarakat dan bisa merekatkan masyarakat itu hilang begitu saja," ucapnya.

Wawan, sapaan Januar Herwanto, menjelaskan, pihaknya akan menggelar tiga kegiatan tersebut selama empat hari (18-21/8) dan dipusatkan di kawasan "Kampung Arab" di Jalan Urip Sumoharjo. 

SAI adalah organisasi sosial kemasyarakatan yang dibentuk oleh anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Timur XI (Pulau Madura), MH Said Abdullah.

Lomba panjat pinang di aliran Kali Marengan di Jalan Urip Sumoharjo yang digagas relawan SAI itu dibuka oleh Komandan Kodim 0827 Sumenep Letkol (Inf) Budi Santoso.

"Lomba panjat pinang itu bentuk riil dari gotong royong yang merupakan budaya warga Indonesia. Kalau tidak bergotong royong, peserta panjat pinang pasti akan kesulitan memperoleh hadiahnya," katanya. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016