Sidoarjo (Antara Jatim) - Prajurit Kodim 0816 Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur membantu petani yang ada di Desa Wonoplintahan, Kecamatan Prambon Sidoarjo untuk membasmi hama wereng yang sempat menyerang tanaman padi milik petani.

"Hari ini kami bersama masyarakat petani dan bekekerja sama dengan pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Sidoarjo melakukan pembasmian hama wereng dalam gerakan pembasmian hama wereng," kata   Komandan Kodim 0816 Kabupaten Sidoarjo Letkol Inf Andre Julian  di Sidoarjo, Kamis.

Ia mengemukakan, untuk melakukan kegiatan ini pihaknya mengerahkan ratusan prajurit untuk membasmi hama wereng guna mengantisipasi agar hama wereng di wilayah Kabupaten Sidoarjo supaya tidak meluas.

"Kemudian setelah pencanangan ini kami tetap akan melakukan gerakan yang sama di desa-desa yang lain untuk diteruskan ke babinsa-banbinsanya yang ada," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Ketahanan Pangan kabupaten Sidoarjo Wuwuh Setiani mengatakan pihaknya akan terus meningkatkan hasil panen padi baik dari kualitas maupun kuantitas.

"Meskipun lahan persawahan di kabupaten Sidoarjo ini makin berkurang namun kami berusaha semaksimal mungkin agar hasil panen padi meningkat," katanya.

Ia menjelaskan kegiatan ini selanjutnya akan dilakukan ke wilayah-wilayah kecamatan yang lain dengan harapan supaya hama wereng yang ada ini tidak meluas dan dapat dikendalikan dengan maksimal.

"Jangan sampai serangan hama wereng ini bisa mengganggu produksi padi yang ada di Kabupaten Sidoarjo," katanya.

Pada kesempatan yang sama, salah satu petani yang mengikuti gerakan penyemprotan membasmi hama wereng Sugito mengatakan, dengan adanya penyemprotan hama wereng ini diharapkan mampu menekan penyebaran hama tersebut.

"Kami sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan ini karena sangat membantu para petani untuk mengendalikan hama wereng yang cukup meresahkan warga," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016