Surabaya (Antara Jatim) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V membangun fasilitas militer baru berupa lapangan tembak sebagai penunjang profesionalisme prajurit di di lahan seluas 24,6 hektare di kawasan Jalan Kalianak Timur Surabaya.

"Fasilitas baru berupa lapangan tembak untuk menunjang profesionalisme prajurit," ujar Wakil Komandan Lantamal V Kolonel Laut (P) Isbandi Andrianto di Surabaya, Kamis.

Untuk mewujudkannya, pihak Lantamal V mulai melakukan pengukuran dan pemasangan patok-patok di lahan yang akan dibangun lapangan tembak tersebut.

Pengukuran lahan dilakukan tim dari Dinas Fasilitas Pangkalan Lantamal V yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Fasilitas Pangkalan Lantamal V Letkol Laut (T) Luluk Eko Hendrianto.

Selain itu, prajurit dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan V dan Detaseman Markas Lantamal V membangun tenda yang akan digunakan sebagai Pos Komando untuk memperlancar pelaksanaan pembangunan lapangan tembak.

Pembangunan lapangan tembak merupakan tindak lanjut dari Surat Perintah KSAL Nomor Sprin/972/VI/2016 tertanggal 8 Juni 2016 tentang penyiapan lahan di tanah TNI AL Pesapen Surabaya untuk pembangunan Lapangan Tembak, Balai Prajurit, Mess dan dan fasilitas militer lainnya.

Kolonel Laut (P) Isbandi Andrianto yang juga Ketua Panitia Penyiapan Lahan Pesapen untuk pembangunan fasilitas militer pendukung tugas pokok dan fungsi TNI AL mengatakan bahwa hal tersebut merupakan fasilitas latihan dan pendukung tugas pokok pangkalan TNI AL.

Selain Lapangan Tembak, fasilitas yang akan dibangun adalah Gudang Amunisi, Marsaling Area, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Tentara (SPBT), Pool Dinas Angkutan, Balai Prajurit, Mess prajurit, Lapangan Parkir dan Musala.

Kemudian, Lapangan Tenis, Kantor Jansmani dan Rekreasi, Lapangan Voli, Lapangan Basket, Lapangan Futsal, Balai Pengobatan, Sekolah Dasar, TK/PAUD, Masjid, Flat untuk prajurit, Gudang Dopus, Gardu Listrik, Gudang Perlengkapan Prajurit, Rumah Genset, Gudang Logca dan Kantor Fasilitas dan Perbekalan.

"Untuk pembangunan Lapangan Tembak ini akan menjadi fasilitas pertama yang dibangun dilokasi tersebut mengingat dibutuhkannya fasilitas tersebut untuk menunjang latihan prajurit yang ada di wilayah timur demi peningkatan profesionalisme prajurit TNI AL," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016