Sumenep (Antara Jatim) - Kepolisian Resor (Polres) Sumenep, Jawa Timur, merekayasa jalur lalu lintas ke Pantai Lombang, Kecamatan Batang Batang, yang merupakan salah satu lokasi wisata setempat.

Kabag Operasional Polres Sumenep Kompol Yelli Ashar, Rabu, menjelaskan, pihaknya memperkirakan Pantai Lombang akan dipenuhi wisatawan, karena merupakan hari "H" Hari Raya Ketupat.

"Rekayasa jalur itu supaya tidak ada pertemuan antara kendaraan wisatawan yang akan ke dan dari Pantai Lombang. Ini bentuk antisipasi untuk menghindari kemacetan lalu lintas di jalur ke dan dari Pantai Lombang," katanya di Sumenep.

Di Pulau Madura terdapat perayaan "Hari Raya Ketupat" atau "Tellasan Topa'" yang waktunya adalah hari ketujuh setelah Hari Raya Idul Fitri dan sebagian warga memanfaatkannya untuk berkunjung ke lokasi wisata, salah satunya Pantai Lombang.

Wisatawan yang akan ke Pantai Lombang dengan mengendarai mobil akan diarahkan melalui jalur atau jalan raya ke Desa Longos, Kecamatan Gapura.

Sementara wisatawan yang mengendarai sepeda motor diarahkan melalui jalur ke Desa Batang Batang Laok dan selanjutnya diarahkan belok kanan ke Desa Candi, Kecamatan Dungkek. 

"Setelah berkunjung dari Pantai Lombang, wisatawan akan diarahkan melalui jalur ke Desa Legung Timur. Mereka yang dari Pantai Lombang akan diminta untuk tidak melalui jalur Desa Longos maupun Candi," ujarnya.

Yelli menjelaskan, pihaknya menyiagakan sejumlah personel di setiap simpul jalan ke Pantai Lombang untuk mengatur atau mengarahkan para wisatawan.

"Kami berharap para wisatawan mematuhi arahan dari anggota kami yang merekayasa jalur ke dan dari Pantai Lombang. Ini kebijakan khusus yang berlaku hanya sehari guna menghindari hal-hal tak diinginkan," ujarnya, menambahkan.

Polres Sumenep memperkirakan tingkat kunjungan wisatawan ke lima lokasi wisata setempat pada Rabu ini meningkat, yakni Pantai Lombang di Kecamatan Batang Batang, Pantai Slopeng di Dasuk, Bukit Tinggi di Lenteng, "Water Park Sumekar" di Manding, dan "Tirta Sumekar Indah" di Batuan. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016