Pamekasan (Antara Jatim) - Sebanyak 3.833 pemudik yang menggunakan jasa angkutan umum bus telah tiba di Terminal Bus Ronggosukowati, Ceguk, Pamekasan, Jawa Timur.

"Jumlah pemudik yang menggunakan jasa angkutan bus ini, berdasarkan data mulai H-7 hingga pukul 13.00 WIB H-1 Lebaran," kata petugas loket dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) di terminal bus Pamekasan Erfandi kepada Antara, Selasa.

Jumlah armada bus pengangkut penumpang mudik Lebaran dari H-7 hingga H-1 Lebaran sebanyak 493 armada bus.

"Puncak arus mudik berdasarkan cacatan kami, terjadi pada H-3 Lebaran dengan jumlah penumpang pemudik sebanyak 847 orang dan armada sebanyak 95 armada bus," kata Erfandi menjelaskan.

Dibanding Lebaran tahun lalu, jumlah pemudik yang menggunkan jasa transportasi angkutan kali ini, terlihat lebih sepi.

Hal ini terjadi, karena pemudik banyak yang menggunakaan kendaraan pribadi, baik roda dua, maupun roda empat.

Wartawan Antara di Pamekasan melaporkan, saat ini kondisi terminal terpantau sepi karena penumpang bus dari arah Surabaya yang turun di terminal ini sangat sedikit.

Beberapa bus jurusan Surabaya-Kalianget, Semenep, bahkan hanya ada yang berisi lima orang, sehingga terpaksa dialihkan ke bus lain.

Tarif angkutan pada mudik Lebaran kali ini tetap, yakni Rp35 ribu untuk jurusan Pamekasan menuju Surabaya dan sebaliknya dan Rp46 ribu untuk bus patas. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016