Surabaya (Antara Jatim) - Rumah Sakit Umum dr Soetomo Surabaya menyiagakan sebanyak 102 tenaga medis maupun nonmedis  yang siap bertugas 24 jam selama libur Lebaran, mulai 2-10 Juli 2016.

"Rinciannya, sebanyak 73 tenaga di bidang pelayanan dan 29 tenaga lainnya di bagian penunjang ," ujar Wakil Direktur Pelayanan Medik RSU dr Soetomo Dr. Joni Wahyuhadi, dr., SpBS kepada wartawan di Surabaya, Rabu.

Tenaga yang disiagakan "on call" tersebut akan bertugas secara bergantian sesuai dengan jadwal yang sudah diberikan dan dilarang mematikan ponselnya selama 24 jam.

Selama masa libur Lebaran tersebut, di sana diberlakukan sistem layanan 24 jam, seperti bagian Instalasi Rawat Darurat (IRD), ambulans umum dan jenazah, radiologi dan CT scan, layanan laboratorium, logistik nonmedik beserta stok cadangan.

Selain itu, lanjut dia, pelayanan lainnya adalah rawat inap berjalan seperti biasa dengan cadangan 95 brankar, kasir maupun keuangan, obat dan logistik medik, layanan gizi untuk makanan pasien maupun petugas, jaringan informasi teknologi, serta peningkatan pengamanan dari Satpol PP.

Tidak itu saja, di rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur tersebut juga disiagakan pengamanan listrik dengan genset siaga, air dengan sistem penyediaan tambahan, pengelolaan sanitasi dan limbah tanpa libur.

Dari segi obat-obatan, kata dia, dipastikan tidak ada kendala karena semua stok obat mencukupi, bahkan telah dipersiapkan di gudang apabila masih kurang.

"Untuk pasien dengan kondisi berat, kami siap menerima tanpa ada surat rujukan," katanya.

Sementara itu, persiapan di RSU dr Soetomo juga dilakukan untuk kerja sama eksternal, seperti sistem rujukan antarrumah sakit dan Puskesmas, serta koordinasi lintas sektor.

"Yang pasti, seluruh tenaga medis jaga, tenaga keperawatan, tenaga kefarmasian, penunjang medis lain maupun tenaga keamanan serta administrasi diatur seperti hari biasa," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016