Sumenep (Antara Jatim) - Kapal Satya Kencana milik PT Dharma Lautan Utama melayani rute khusus guna mencegah penumpukan calon penumpang ke Pulau Raas, Sumenep.

Kepala PT Dharma Dwipa Utama Cabang Kalianget, Moh Darmawan, Selasa, menjelaskan, Kapal Satya Kencana semestinya melayani lintasan Kalianget-Sapudi-Jangkar, Situbondo.

"Namun, kapal yang dikelola kami itu pada Selasa ini melayani rute khusus, yakni Kalianget-Sapudi-Kalianget-Raas-Jangkar. Ini untuk mencegah penumpukan calon penumpang ke Pulau Raas," ujarnya di Sumenep, Jawa Timur.

Sebelumnya, kata dia, calon penumpang ke Pulau Raas memang menanyakan jadwal keberangkatan Kapal Satya Kencana.

"Kami akhirnya memutuskan untuk mengoperasikan Kapal Satya Kencana ke Pulau Raas dengan tetap ke Pulau Sapudi. Caranya, setelah dari Sapudi, kapal langsung kembali ke Kalianget dan selanjutnya ke Raas-Jangkar," ucapnya.

Ia menjelaskan, jadwal pemberangkatan Kapal Satya Kencana pun berubah untuk melayani rute khusus tersebut atau beroperasi lebih awal dari biasanya.

Pada Selasa ini, Kapal Satya Kencana bertolak dari Pelabuhan Kalianget pada pukul 03.30 WIB ke Sapudi dengan mengangkut 40 penumpang dan 18 mobil.

Kapal tersebut langsung kembali ke Kalianget dan pada pukul 10.00 WIB ke Raas dengan mengangkut 105 penumpang, 16 mobil, dan 36 motor.

"Kalau kapal kami tidak ke Raas pada Selasa ini bisa dipastikan akan terjadi penumpukan calon penumpang ke Raas, karena jadwal kapal kami berikutnya ke Raas pada Jumat (1/7)," kata Darmawan. 

PT Dharma Dwipa Utama merupakan anak perusahaan PT Dharma Lautan Utama dan menjadi operator di lintasan Kalianget-Jangkar, Kalianget-Sapudi-Jangkar, dan Kalianget-Raas-Jangkar. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016