Sidoarjo (Antara Jatim) - Petugas Terminal Purabaya Surabaya di Bungurasih Sidoarjo Jawa Timur memprediksikan jumlah penumpang yang menggunakan angkutan bus pada Lebaran tahun 2016 sebanyak 70 ribu orang.

Plt Kepala UPT Terminal Purabaya Surabaya Soesandi Iswmawan mengatakan pada hari biasa jumlah penumpang yang menggunakan fasilitas di terminal ini sebanyak 28 ribu orang.

"Maka berdasarkan pada pengalaman tahun-tahun sebelumnya diprediksi puncak arus mudik lebaran bisa tembus sampai dengan 70 ribu orang," katanya Rabu.

Ia mengemukakan, diprediksikan puncak arus mudik Lebaran di terminal Purabaya Surabaya terjadi pada H-3 dan H-4 pada 2 dan 3 Juli 2016.

"Saat ini memang dilakukan pembangunan sarana dan prasarana penunjang yang ada di Terminal Purabaya, tetapi kami meyakini jika pembangunan tersebut tidak akan mempengaruhi pelaksanaan arus mudik lebaran yang ada di Terminal Purabaya," katanya.

Ia mengemukakan, saat ini pihaknya juga sudah menyiagakan papan layanan informasi tarif angkutan bus elektronik yang diletakkan di lobi terminal untuk memudahkan calon penumpang mengetahui berapa besaran tarif yang digunakan.

"Kami meminta kepada para calon penumpang untuk membaca tarif angkutan tersebut supaya tahun berapa tarif yang harus dibayarkan sesuai dengan tujuan masing-masing," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga menyiagakan kamera pengintai untuk membantu kenyamanan calon penumpang yang ada di Terminal Purabaya Surabaya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Sebanyak 32 kamera pengintai disiagakan untuk pelaksanaan arus mudik lebaran tahun ini supaya bisa memberikan kenyamanan kepada calon penumpang," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016