Sumenep (Antara Jatim) - Sebanyak 225 personel Kepolisian Resor (Polres) Sumenep, Jawa Timur, akan dikerahkan untuk pengamanan selama masa Lebaran 2016.

"Itu merupakan rencana yang kami siapkan untuk pelaksanaan Operasi Ramadania (pengamanan masa Lebaran 2016). Untuk apel gelar pasukan pengamanan masa Lebaran akan dilakukan pada pekan depan," ujar Kabag Operasional Polres Sumenep, Kompol Ashar Yelli di Sumenep, Selasa.

Sebanyak 225 personel itu, kata dia, merupakan pelaksana teknis Operasi Ramadania dan akan ditempatkan secara bergiliran di lapangan.

"Namun, secara umum, seluruh kekuatan Polres Sumenep dalam posisi siaga selama masa pengamanan Lebaran. Itu untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga selama masa perayaan Idul Fitri 2016," ucapnya.

Ia menjelaskan, sesuai rencana sementara yang disusunnya, pihaknya akan mendirikan lima pos pengamanan selama masa Operasi Ramadania.

Lima pos pengamanan tersebut tersebar di lima kecamatan, yakni di Kota, Kalianget, Pragaan, Dasuk, dan Batang Batang.

"Untuk pos pengamanan di Kecamatan Kota, personel yang menjadi pelaksana teknisnya sekitar 120 anggota, karena di Kota merupakan pusat keramaian dan aktivitas warga," kata Yelli.

Sementara di empat pos pengamanan lainnya, sedikitnya disiagakan 15 personel yang nantinya akan dibantu oleh anggota polsek di kawasan tersebut.

Selain itu, polisi akan dibantu personel dari instansi samping, seperti TNI (Kodim 0827) dan Dinas Perhubungan Sumenep, selama masa pengamanan Lebaran.

"Untuk jumlah personel instansi samping yang terlibat, dalam proses koordinasi. Mereka juga akan ditempatkan di pos pengamanan," ujarnya. 

Yelli juga berharap warga Sumenep memberikan dukungan kepada polisi demi terwujudnya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016