Jakarta, (Antara) - Kementerian Pariwisata mengimbau masyarakat menjadwalkan waktu untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata di Jawa Timur saat liburan Lebaran dan liburan anak sekolah Juli mendatang.

Kementerian Pariwisata dalam keterangan di Jakarta, Minggu, menyebutkan banyak destinasi di Jatim yang siap dikunjungi wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara.

Disebutkan bahwa Gubernur Jawa Timur Soekarwo optimistis destinasi wisata di daerahnya bakal dikunjungi banyak wisatawan pada musim liburan dalam waktu dekat ini.

Tahun 2016 ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur memiliki target sebanyak 50 juta wisatawan datang ke Jawa Timur untuk menikmati beragam destinasi wisata yang ada di Jawa Timur.

Soekarwo mengatakan target tersebut lebih banyak 10 persen dari proyeksi 2015 yang mencapai 48 juta pengunjung, termasuk para pemudik Lebaran dan wisatawan saat Idul Fitri.

Menurut data Dinas Pariwisata Jatim, pada tahun 2014 jumlah wisatawan domestik sebanyak 45,2 juta orang dan meningkat hingga 48,5 juta orang pada 2015.

Salah satu kota yang menjadi tujuan banyak wisatawan di Jawa Timur adalah Malang sekitarnya. Menpar Arief Yahya pernah meresmikan salah satu museum yang disebut Museum Angkut di Kota Batu, dan kini menjadi andalan untuk dikunjungi.

Selain Kota Batu dengan Jatim Park Group, Jawa Timur masih memiliki lokasi wisata lain. Sebanyak 10 destinasi wisata lain di Jatim yang direkomendasikan untuk dikunjungi adalah:

1.Gunung Bromo
Keindahan Gunung Bromo bukan hanya terkenal di kalangan wisatawan domestik, tetapi juga wisatawan mancanegara. Secara geografis, Gunung Bromo terletak di empat kabupaten yaitu Probolinggo, Pasuruan, Malang, dan Lumajang.

Untuk mencapai Gunung Bromo, anda bisa mengambil rute dari Malang, Pasuruan atau Probolinggo. Menikmati matahari terbit (sunrise), menjelajah pasir berbisik, dan menikmati keindahan kawah Bromo adalah tiga hal yang menarik bagi pengunjung.

2.Pantai Papuma Jember
Terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Pantai Papuma juga dikenal sebagai Pantai Tanjung Papuma karena posisi daratannya yang menjorok ke laut menyerupai tanjung.

Pantai Papuma memiliki  perpaduan pasir putih serta batu karang yang menyebar di tepi pantai. Yang merupakan ciri khas dari Pantai Papuma adalah tujuh karang besar yang menjulang di pantai. Ukuran yang besar dari karang-karang ini membuatnya menyerupai sebuah pulau.

3.Kawah Ijen Banyuwangi
Berlokasi di kawasan Cagar Alam Taman Wisata Ijen, di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, tempat wisata alam ini merupakan kawah asam terbesar di dunia dengan tinggi dinding kaldera mencapai 500 meter dan luas kawah mencapai 5.466 hektare.

Keindahan Kawah Ijen juga sudah tersohor hingga mancanegara.

Pada pagi hari, pemandangannya tampak menakjubkan. Perpaduan antara sinar matahari berwarna orange dan warna kawah hijau toska nan teduh.

Saat dini hari, pengunjung bisa menikmati fenomena alam "blue fire" namun untuk menikmati keindahan kawah ini, pengunjung harus melakukan pendakian ke Gunung Ijen.

4.Pantai Pulau Merah, Banyuwangi
Terletak di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Pantai Pulau Merah merupakan pantai dengan ciri-ciri seperti kebanyakan pantai di Brazil. Pantai ini juga mirip dengan Pantai Kuta di Bali sehingga cocok untuk tempat berselancar.

Selain pemandangan matahari terbenam (sunset) yang indah,  Pantai Pulau Merah juga menjadi tujuan selancar berkelas dunia. Kondisi ombak di sini yang mencapai empat sampai lima meter sangat cocok bagi peselancar.

5. Air Terjun Madangkaripura
Berlokasi di Kabupaten Probolinggo dan masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo - Tengger - Semeru. Air Terjun Madangkaripura adalah air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan merupakan air terjun tertinggi kedua setelah air terjun Sigura-gura.

Air terjun ini dikelilingi dinding setinggi 200 meter dengan lumut-lumut hijau yang membuatnya makin memukau. Ada sebuah gua yang terdapat di sekitar air terjun, konon gua yang menjadi tempat meditasi Patih Gajahmada.

6. Taman Nasional Baluran
Terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi bagian utara. Taman Nasional Baluran adalah padang savana terluas di Jawa dengan spesies hewan dan sekitar 440 jenis tumbuhan beragam.

Berkunjung ke lokasi ini seolah berada di Afrika. Taman Nasional ini sering disebut sebagai Afrikanya Indonesia.

7. Pulau Sempu
Pulau Sempu adalah sebuah pulau kecil di satu lokasi dengan Pantai Sendang Biru, di Desa Tambakrejo, Kabupaten Malang. Pulau Sempu merupakan cagar alam yang memiliki beragam ekosistem seperti hutan pantai, hutan bakau, dan hutan tropis dataran rendah.

         Di pulau ini terdapat Laguna Segara Anakan.

8.Ranu Kumbolo
Ranu Kumbolo berlokasi di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya di antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang.

Pengunjung dilarang mandi, berenang, atau buang air di danau ini karena airnya sangat jernih dan alami serta dapat diminum langsung.

9.Pantai Klayar
Berlokasi di Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Tempat wisata alam berpasir putih ini terbilang masih alami dan menjadi salah satu objek wisata unggulan di Pacitan.

Di pantai ini terdapat batu karang yang bentuknya menyerupai spinx dan air mancur alami dengan ketinggian mencapai 10 meter. Batuan karang yang ada di Pantai Klayar ini juga sering disamakan dengan karang di Tanah Lot, Bali.

10.Songa Rafting
Berlokasi di Jalan Krajan Condong, Wangkal, Gending, Probolinggo.

Sungai yang digunakan untuk "rafting" (arung jeram) adalah Sungai Pekalen.

Pengunjung bisa menikmati keindahan hutan hujan tropis, dengan udara yang sejuk dan beberapa fenomena alam seperti air terjun dan gua kelelawar.(*)

Pewarta: Budi Setiawanto

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016