Surabaya (Antara Jatim) - Sejumlah warga keturunan India berbaur dengan ribuan masyarakat Surabaya mengikuti senam Yoga dalam rangka  memperingati Hari Yoga Internasional 2016 di lapangan golf Makodam V/Brawijaya Surabaya, Jatim, Minggu.

"Ini sebagai wujud kebersamaan dalam merayakan Hari Yoga Internasional yang diperingati setiap 21 Juni," ujar Fisrt Secretary Embassy of India, Madan Kumar Ghildiyal, ditemui usai senam.

Pada senam yang diikuti sebagian besar pemula tersebut dipimpin oleh instruktur langsung dari Yoga Master India beserta guru-guru asal Indonesia.

Menurut dia, banyak sekali manfaat yang didapat dari Yoga, terutama untuk menjaga kesehatan dan mencegah masuknya sejumlah penyakit ke dalam tubuh.

"Manfaatnya antara lain memberikan energi positif, membuat lebih peka dan konsentrasi, peningkatan spiritual, mengatasi depresi hingga mampu menurunkan berat badan jika rutin dilakukan," ucapnya.

Meski diyakini sudah ada sejak ribuan tahun lalu, kata dia, senam yang berasal dari India tersebut ini menjadi olahraga yang digemari dan tidak sedikit warga di berbagai negara melakukannya.

Pihaknya berharap kegiatan serupa digelar setiap tahunnya dan diikuti oleh peserta lebih banyak lagi.

"Karena itulah kami akan terus memasyarakatkan senam Yoga dengan harapan utama mampu menyehatkan sekaligus menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit," tuturnya.

Sementara itu, salah seorang peserta senam, Beka, mengakui banyak sekali manfaat yang didapat dari gerakan-gerakan Yoga sehingga dirasa perlu rutin dilakukan.

"Saya sudah terbiasa senam Yoga dan manfaatnya untuk tubah sangat baik, terutama jika rutin senam," ujarnya.

Selain di Surabaya, senam Yoga massal juga digelar di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di beberapa negara yang memiliki kantor kedutaan India di dunia. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016