Jember (Antara Jatim) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember, Jawa Timur, menyediakan modal penukaran uang pecahan sebanyak Rp2,8 triliun untuk lima kabupaten di wilayah kerjanya menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jember Ferry Tumpal D. Saribu, Sabtu, mengatakan jumlah uang pecahan yang disiapkan selama Ramadhan dan Lebaran 2016 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya karena tingginya permintaan dari masyarakat di wilayah kerja BI Jember.

"Jumlah tersebut meningkat sebanyak 22 persen dibandingkan kebutuhan uang kartal tahun lalu yang sebesar Rp2,3 triliun di lima kabupaten yakni Kabupaten Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, dan Lumajang yang menjadi wilayah kerja BI Jember," tuturnya di Jember.

Menurutnya, peningkatan jumlah nominal uang yang disediakan untuk kebutuhan Lebaran tersebut sejalan dengan pertumbuhan ekonomi di wilayah Jember yang meningkat, serta rencana pembayaran gaji ke-13 dan rapelan kenaikan gaji PNS pada awal bulan Juli 2016.

"BI Jember melakukan sinergi dengan perbankan dan pemerintah kabupaten setempat dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat terkait uang pecahan cetakan baru untuk persiapan menjelang Lebaran," katanya.

Ia menjelaskan berdasarkan Undang Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang Bab VI Penukaran Rupiah, pasal 22 Ayat (4) ditegaskan bahwa penukaran rupiah dilakukan oleh Bank Indonesia, bank yang beroperasi di Indonesia atau pihak lain yang ditunjuk oleh Bank Indonesia.

"Untuk lebih mengoptimalkan pelayanan penukaran uang pecahan kecil, maka penukaran juga dapat dilakukan di bank umum dan Bank Perkreditan Rakyat di wilayah kerja Kantor Perwakilan BI Jember kepada seluruh masyarakat, sehingga tidak hanya terbatas pada nasabah saja," ujarnya.

Ferry menjelaskan kerja sama dengan bank umum tersebut dimaksudkan untuk memberikan pelayanan secara luas kepada masyarakat dalam memperoleh pecahan uang kecil melalui bank umum terdekat tanpa dipungut biaya alias gratis.

"Kami imbau perbankan untuk memasang sekurang-kurangnya satu buah banner atau spanduk pengumuman penukaran di depan kantor masing-masing, agar informasi penukaran uang tersebut diketahui masyarakat," katanya.

Selain itu, lanjut dia, BI Jember juga melayani penukaran uang pecahan keliling di dalam kota maupun luar kota pada wilayah kerjanya meliputi Kabupaten Jember, Lumajang, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi.

"Mobil kas keliling itu untuk menjangkau masyarakat di tempat keramaian dan lokasi yang agak jauh dari akses perbankan, sehingga mereka bisa mudah menukarkan uang pecahan baru untuk kebutuhan Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah," tuturnya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016