Jakarta (Antara) -  Tim Nasional Argentina mengalahkan tim Chile 2-1 dalam laga penyisihan Grup D Copa America Centenario di Stadion Levi's, California, Senin waktu setempat atau Selasa WIB.

Menurut statistik di laman resmi Copa America 2016, Chile unggul penguasaan bola hingga 58 persen, namun Argentina melakukan lebih banyak tendangan percobaan gol, yakni 16 berbanding sembilan.

Argentina mendapat peluang emas pada menit ke-23 saat Marcos Rojo menyundul bola dari dalam kotak penalti usai menerima umpan sepak pojok Di Maria, namun tandukan Rojo melenceng tipis ke sisi kiri gawang.

Chile mendapat peluang yang sama pada menit ke-29 lewat sepakan terarah Sanchez dari tepi kotak penalti usai menerima operan Arturo Vidal, tetapi sontekannya masih bisa ditepis kiper Argentina, Sergio Romero.

Pada babak kedua, pada menit ke-48 Sanchez kembali menebar ancaman dengan melesakkan tendangan melengkung dari dalam kotak penalti usai mengecoh pemain bertahan Argentina, sayangnya bola masih tepat berada di pelukan kiper.

Di Maria memecah kebuntuan pada menit ke-50. Menerima umpan terobosan Ever Banega, Di Maria yang lepas dari kawalan melakukan kontrol bola di dalam kotak penalti sebelum melepaskan tembakan yang tak bisa dihalau kiper.

Argentina mencetak gol kedua pada menit ke-58 lewat gol Ever Banega. Setelah mendapatkan operan dari Di Maria, Banega menggiring bola ke kotak penalti dan melesakkan tendangan keras yang sempat mengenai kaki pemain lawan sebelum masuk ke gawang.

Gonzalo Higuain nyaris memperbesar keunggulan Argentina pada menit ke-66 dengan melepaskan tendangan keras jarak dekat, namun upayanya berhasil dihalau penjaga gawang dengan ujung kakinya.

Aguero yang masuk menggantikan Higuain pada menit ke-74 menjajal peruntungannya dua menit kemudian dengan melepaskan tendangan keras hasil operan Gaitan, tapi bola melambung tinggi di atas mistar gawang.

Rojo mendapatkan peluang pada menit ke-86 lewat tandukannya setelah menerima umpan silang Aguero dari sisi lapangan, tetapi sundulan pemain Manchester United ini melenceng tipis dari targetnya.

Menjelang akhir pertandingan, Chile mengejar dengan mencetak gol saat injury time. Jose Fuenzalida mencetak gol dengan sundulannya setelah mengkonversi umpan tendangan bebas Orellana. 

Pertandingan berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Argentina.

Susunan pemain:

Argentina: (4-3-3) Sergio Romero; Gabriel Mercado, Nicolas Otamendi, Ramiro Funes Mori, Marcos Rojo; Augusto Fernandez, Javier Mascherano, Ever Banega; Nicolas Gaitan, Gonzalo Higuain, Angel Di Maria

Chile: (4-3-3) Claudio Bravo; Mauricio Isla, Gary Medel, Gonzalo Jara, Eugenio Mena; Arturo Vidal, Marcelo Diaz, Charlez Aranguiz; Alexis Sanchez, Eduardo Vargas, Jean Beausejour (*)

Pewarta: Supervisor

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016