Surabaya (Antara Jatim) - Empat kampus di Jawa Timur yakni PENS, ITS, UMM, dan Unesa mendominasi penghargaan dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) 2016, bahkan PENS menjadi juara umum dalam KRI 2016 itu.

Keterangan pers dari Panitia KRI 2016 yang diterima Antara di Surabaya, Senin, menyebutkan dominasi itu terjadi, karena PENS menyabet delapan penghargaan, dan ITS menyabet lima penghargaan dalam KRI pada 1-4 Juni 2016 itu.

Sementara itu, UMM dan Unesa sama-sama menyabet dua penghargaan. Selain itu, dua kampus lain dari Jatim juga "sukses" dalam KRI yakni Polije (Politeknik Negeri Jember) dan Unej (Universitas Negeri Jember).

Untuk kampus dari luar Jatim ada delapan universitas yakni Universitas Telkom, Universitas Sam Ratulangi, Poltek Ujung Pandang, Poltek Batam, UKSW, UGM, UNY, dan Unissula.

"Saya bersyukur atas prestasi ini. Semua berkat kerja keras tim robot PENS, para pembimbing serta dukungan dari civitas akademika PENS," kata Direktur PENS Dr Zainal Arief ST MT.

Sementara itu, ketua LPK2HA ITS Darmaji mengungkapkan capaian ITS dalam KRI kali ini mendapat lima penghargaan.

"Capaian lain dalam KRI kali ini adalah tim mendapatkan softskill dari pembimbing. Softskill seperti kerja sama tim, manajerial, kepemimpinan dan komunikasi adalah nilai capaian yang tak terhingga yang didapatkan tim," ujarnya.

Hasil yang juga menggembirakan adalah robot pemadam api beroda ITS, Al Jazari, memecahkan rekor pertandingan KRI.

Al Jazari berhasil menyelesaikan misi level tiga hanya dalam waktu 37 detik (4/6) yang merupakan rekor tercepat selama pertandingan KRI 2016.

Hal senada diungkapkan dosen pembina Tim Robot Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Moh Irfan.

"UMM meraih gelar juara I untuk kategori Pemadam Api Berkaki, sekaligus meraih penghargaan strategi terbaik pada divisi itu. Itu merupakan penilaian dari dewan juri kontes robot," katanya.

Untuk mencapai lokasi pemadamam butuh strategi tersendiri. "Mungkin kami dianggap terbaik dari strategi robot-robot yang ada, sebab tiap rintangan harus ada strateginya," paparnya.

Hasil selengkapnya untuk juara KRI Nasional 2016 adalah:.

    
Juara Umum: PENS.

    
KRAI
1. PENS
2. Polije
3. Universitas Telkom
4. UNEJ
Design Terbaik: PENS
Strategi Terbaik: ITS

KRSTI
1. PENS
2. UNESA
3. ITS
Harapan: Univ. Sam Ratulangi
Design Terbaik: Poltek Ujung Pandang

KRSBI
1. Poltek Batam
2. PENS
3. ITS
Harapan: UKSW
Strategi Terbaik: Poltek Batam
Design Terbaik: Poltek Batam

KRPAI K
1. UMM
2. UGM
3. PENS
4. UNESA
Strategi Terbaik: UMM
Design Terbaik: UGM

KRPAI R
1. PENS
2. ITS
3. UNISSULA
4. UNY
Strategi Terbaik: PENS
Design Terbaik: ITS
(*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016