Bagi Pengurus Nahdlatul Ulama (NU) Sumenep, Jawa Timur, Ramadhan adalah bulan penuh kebaikan, karena itu wartawan setempat hendaknya ikut menyejukkan suasana Ramadhan dengan menyajikan berita dengan kemasan damai.

"Kami berharap kalangan wartawan lebih mendorong dan menanamkan nilai-nilai kebaikan yang dalam konteks profesi bisa dengan menyajikan berita yang sejuk selama Ramadhan," ucap Ketua PC NU Sumenep, KH A Panji Taufik di Sumenep, Jumat.

Dalam forum pertemuan bersama wartawan yang digagas Bagian Humas DPRD Sumenep, ia mengaku pihaknya memahami kegalauan kalangan wartawan ketika pada Ramadhan ternyata menemukan berita-berita yang menyudutkan dan menyerang pihak-pihak tertentu.

"Fakta memang harus ditulis apa adanya. Namun, menulis atau menulis berita adalah seni dan wartawan Sumenep adalah pakarnya. Kami optimistis wartawan mampu menulis berita 'panas' itu dengan kemasan yang sejuk dan damai. Tentunya tidak hanya selama Ramadhan," ujarnya sambil tersenyum.

Selain itu, kata dia, pihaknya berharap kalangan wartawan sebagai penyampai kabar mampu meningkatkan kualitas ibadahnya selama Ramadhan.

"Wartawan itu sebenarnya juru dakwah dan tentunya akan mengemas setiap kabar itu dengan niat baik. Kami yakin wartawan akan memacu dirinya untuk selalu profesional. Selain profesional, wajib pula bagi wartawan untuk selalu meningkatkan kualitas ibadahnya sebagai insan beragama," ucapnya.

Kiai Panji juga berharap kalangan wartawan mampu mendorong sekaligus pengawas terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik.

"Dalam konteks lokal, wartawan juga berkewajiban mendorong pembangunan Sumenep yang lebih sejahtera dan religius. Kami sangat yakin wartawan bisa menjadi kontributor terwujudnya pembangunan yang lebih baik dalam rangka perjuangan dan peningkatan kesejahteraan rakyat," tukasnya.

Dalam kesempatan itu, Kiai Panji mengapresiasi positif pertemuan bersama wartawan yang digagas Bagian Humas DPRD Sumenep tersebut. "Ini bisa menjadi ajang silaturrahim sekaligus saling mengingatkan agar kami di NU dan wartawan mampu melengkapi guna mendorong terwujudnya kehidupan masyarakat yang lebih baik," kilahnya. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016