Sumenep (Antara Jatim) - Harga gula pasir di Pasar Anom Baru di Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, mengalami penaikan pada pekan ini.

"Pada akhir pekan lalu, harganya terpantau Rp15 ribu per kilogram dan awal pekan ini menjadi Rp15.500 per kilogram," kata Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, R Heni Yulianto di Sumenep, Jawa Timur, Rabu.

Disperindag Sumenep memantau harga kebutuhan pokok di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai lokasi pembanding.

"Sesuai informasi yang kami terima dari para pedagang di Pasar Anom Baru, harga kulakan gula pasir memang naik dan selanjutnya mereka menaikkan harga jualnya kepada konsumen," ujarnya.

Harga sejumlah komoditas, kata dia, terpantau fluktuatif jika dibanding pekan sebelumnya, diantaranya bawang merah dari Rp38 ribu per kilogram menjadi Rp34 ribu dan turun lagi menjadi Rp33 ribu.

Sementara harga bawang putih naik dibanding pekan sebelumnya, yakni dari Rp33 ribu per kilogram menjadi Rp34 ribu.

"Kalau cabai, hanya cabai merah kecil biasa yang harganya mengalami perubahan, yakni Rp20 ribu per kilogram pada pekan lalu naik menjadi Rp22 ribu pada pekan ini," ujarnya.

Sementara harga cabai lainnya terpantau tetap, yakni cabai merah besar keriting Rp16 ribu per kilogram, merah besar biasa Rp22 ribu, dan cabai rawit Rp15 ribu.

"Pada komoditas daging hanya daging ayam broiler yang harganya mengalami perubahan, yakni Rp30 ribu per kilogram menjadi Rp32 ribu. Sementara harga daging sapi dan ayam kampung tetap, yakni Rp110 ribu per kilogram dan Rp70 ribu," kata Heni, menerangkan. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016