Sumenep (Antara Jatim) - Perusahaan pelayaran atau operator kapal yang beroperasi di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menyatakan armadanya siap beroperasi selama masa angkutan Lebaran 2016.

"Kami diberikan kewenangan oleh manajemen induk untuk mengoperasikan dua kapal di Sumenep. Kami pastikan dua kapal kami itu siap beroperasi selama masa angkutan Lebaran 2016," kata Kepala PT Dharma Dwipa Utama Cabang Kalianget, Darmawan di Sumenep, Rabu.

PT Dharma Dwipa Utama yang merupakan anak perusahaan PT Dharma Lautan Utama itu mengoperasikan dua kapal, yakni KMP Dharma Kartika dan KMP Satya Kencana.

Kapal Dharma Kartika melayani jalur Kalianget-Sapudi-Jangkar dan Kalianget-Raas-Jangkar sebanyak tiga kali dalam sepekan.

Sementara Kapal Satya Kencana melayani lintasan Kalianget-Jangkar, Situbondo, setiap hari. 

"Kapal Satya Kencana sudah menjalani perawatan tahunan pada November 2015. Artinya, selama masa angkutan Lebaran 2016, Kapal Satya Kencana dalam posisi laik dan siap beroperasi," ujarnya, menerangkan.

Ia juga mengemukakan, sesuai jadwal, Kapal Dharma Kartika akan menjalani perawatan tahunan pada Juli 2016.

Namun, manajemen PT Dharma Dwipa Utama akan mempercepat perawatan Kapal Dharma Kartika, yakni pada awal Juni 2016, supaya nantinya kapal tersebut bisa beroperasi pada masa angkutan Lebaran. 

"Kalau menunggu jadwal semestinya, Kapal Dharma Kartika tentunya tidak bisa beroperasi selama masa angkutan Lebaran 2016. Percepatan perawatan tahunan terhadap Kapal Dharma Kartika itu merupakan salah satu komitmen kami untuk menyukseskan masa angkutan Lebaran 2016," kata Darmawan.

Sementara manajemen PT Sumekar yang merupakan salah satu operator kapal di lintasan Kalianget-Kangean juga menyatakan kesiapannya untuk menyukseskan masa angkutan Lebaran 2016.

"Kapal Dharma Bahari Sumekar (DBS) I dalam posisi siap beroperasi selama masa angkutan Lebaran 2016. Kapal tersebut telah menjalani perawatan tahunan pada November 2015," kata Humas PT Sumekar, A Novel. 

Kapal DBS I melayani lintasan Kalianget-Kangean sebanyak tiga kali dalam sepekan, yakni Selasa, Jumat, dan Minggu. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016