Jember (Antara Jatim) - Pembukaan Gerakan Nusantara Mengaji yang digagas oleh Abdul Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin akan dipusatkan di alun-alun Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (7/5) malam.

"Pembukaan Gerakan Nusantara Mengaji akan dihadiri inisiatornya Cak Imin yang akan membuka dengan membacakan Surat Al Fatihah dan diikuti oleh seluruh peserta yang sudah mendaftar di seluruh nusantara," kata Koordinator Gerakan Nusantara Mengaji Kabupaten Jember, Miftahul Ulum di Jember, Kamis.

Rencananya dalam pembukaan itu akan turut hadir Ketua DPRD Jawa Timur Abdul Halim Iskandar, Dewan Penasehat Gerakan Nusantara Mengaji KH Ahsin Sakho Muhammad, Ketua Komisi C DPRD Jatim Thoriqul Haq, serta ratusan kiai, hafidz dan ustad se-Kabupaten Jember. 

"Di Jember, kami targetkan minimal sebanyak 3 ribu kali khataman, dengan peserta miimal 30 ribu orang baik yang daftar melalui daring atau di luar jaringan, yang masing-masing peserta akan mengaji sebanyak 3 juz," ucap Wakil Ketua Komisi A DPRD Jawa Timur itu.

Menurut pria yang akrab disapa Cak Ulum itu, peserta Gerakan Nusantara Mengaji itu berasal dari pondok pesantren, jamaah sholawat, warga nahdliyiin, dan masyarakat Jember yang sukarela ingin terlibat dalam kegiatan mulia tersebut.

"Sampai saat ini, jumlah peserta masih terus bertambah karena animo masyarakat yang sangat tinggi untuk menjadi bagian pengkhatam Al Quran sebanyak 300.000 kali," katanya menambahkan.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu mengajak seluruh masyarakat Jember untuk menjadi bagian dari Gerakan Nusantara Mengaji karena kegiatan itu akan menciptakan sejarah baru di Indonesia yang diawali dari Kabupaten Jember.

"Ini kesempatan langka untuk mendapatkan berkah 300.000 khataman karena bisa dibayangkan kalau kita sendirian tidak akan bisa melakukan itu, bahkan 2 sampai 3 kali umur rata-rata manusia saat ini (60 tahun), atau seumur hidup tidak akan mungkin mampu mengkhatamkan Al Quran sebanyak 300.000 kali," ucap legislator DPRD Jatim Daerah Pemilihan Jember-Lumajang itu.

Sebelumnya, Muhaimin Iskandar, di Jakarta, mengatakan Gerakan Nusantara Mengaji merupakan upaya anak bangsa untuk bermunajat meminta pertolongan kepada Allah SWT, agar bangsa Indonesia dijauhkan dari segala bala dan cobaan, serta diberi kekuatan untuk mampu mengatasi seberat apapun persoalan yang dihadapi Indonesia.

"Gerakan ini pun lepas dari warna-warni bendera partai. Siapa pun Anda, jika ingin menjauhkan bangsa ini dari balahi maka bergabunglah dalam gerakan ini bersama saya dan para hafidz, kiai, santri serta pecinta Al Quran untuk bersama-sama membaca dan mengkhatamkan 300.0000 kali Al Quran," tuturnya.

Kegiatan Nusantara Mengaji yang dilakukan serentak tersebut berada di bawah naungan Majelis Tahfiz dan Khataman Alquran (MATAN) dan mendapat tanggapan yang positif dari umat Islam.(*)

     

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016