Surabaya (Antara Jatim) - Sekitar 25 usaha kecil menengah (UKM) di Kota Surabaya unjuk gigi dengan memamerkan produk menariknya di Pameran Kreatif 2016 yang digear di ITC Mega Grosir pada 28 April hingga 1 Mei mendatang.
    
"Saya ingin seluruh pelaku UKM di Surabaya tak cepat puas karena kunci kesuksesan industri kreatif adalah tidak boleh berhenti berkreasi," kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat membuka pameran di ITC, Jumat.
    
Adapun produk menarik yang dipamerkan meraka di antaranya, pernak-pernik, tas hias, aneka produk daun kering, hingga ragam batik bernilai seni tinggi.
    
Wali kota perempuan pertama di Kota Pahlawan ini menyatakan harapannya agar lebih banyak pelaku UKM Surabaya yang mengikuti pameran di luar negeri. Untuk itu, Risma membangun komunikasi dengan Badan Kreatif Nasional, agar para pelaku UKM Surabaya dapat difasilitasi "go international".
    
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Surabaya Nanis Chairani menuturkan, tujuan pameran Surabaya Kreatif 2016 adalah untuk memperkenalkan produk-produk kerajinan lokal.
    
Selain itu, anjut dia, pameran ini juga dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa kecintaan terhadap produk-produk kerajinan UKM. Berbeda dari penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Pemkot memberi ruang kepada sekolah menengah kejuruan (SMK) untuk ikut berpartisipasi dalam pameran.
    
"Tentunya, SMK yang menghasilkan produk kerajinan saja yang diberikan kesempatan ambil bagian dalam pameran ini. Harapannya, momen ini dapat dimanfaatkan para pelajar untuk menambah pengalaman dalam dunia handycraft," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana Surabaya ini. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016