Madiun (Antara Jatim) - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur, melirik konsep taman tematik yang banyak terdapat di Kota Bandung, Jawa Timur, dengan melakukan studi banding guna mewujudkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) serupa di daerah setempat.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Kota Madiun, Misdi, Kamis, mengatakan, selama ini RTH di Kota Madiun diwujudkan melalui hutan kota dan taman-taman kecil di sejumlah lokasi kota.

"Konsep taman tematik sangat bangus. Namun untuk mewujudkannya, hasil studi banding Bagian Humas ke Bandung beberapa waktu lalu harus dikoordinasikan lebih lanjut dengan Pak Wali Kota," ujar Misdi kepada wartawan.

Menurut dia, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan jika Kota Madiun benar-benar ingin mewujudan taman tematik di wilayahnya.

Di antaranya, kondisi Kota Madiun tidak memiliki lahan yang luas. Karena itulah, hutan kota dan taman yang ada di Kota Madiun dibuat berukuran kecil.

Namun, jika benar-benar ingin mewujudkannya, tidak menutup kemungkinan, pemkot akan mengorbankan sejumlah asetnya yang saat ini menjadi lahan pertanian. Hal itu guna memenuhi kuota RTH di suatu daerah yang sesuai aturan minimal harus 30 persen dari luas wilayah.

Sementara, data Pemkot Bandung menyebutkan, terdapat banyak taman tematik di kota yang berjulukan sebagai Kota Kembang tersebut.

Di antaranya, Taman Balai Kota, Taman Cinta (Love), Taman Lansia, Taman Fotografi, Taman Super Hero, Taman Jomblo, dan masih banyak lagi.

Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Kota Bandung, Dadang, saat menerima kunjunagn studi banding Pemkot Madiun beberapa waktu lalu, mengatakan, taman tematik dan tama lainnya di Kota Bandung merupakan bentuk pelayanan masyarakat yang bermanfaat bagi warga, udara, dan lingkungan kota setempat.

"Dengan berada di taman, warga Kota Bandung bisa lebih berinteraksi, berkumpul, dan bersosialisasi. Selain berdampak positif bagi lingkungan, dan taman tersebut juga meningkatkan indeks kebahagiaan bagi warganya," kata Dadang.

Pihaknya menyambut baik kunjungan yang dilakukan Pemkot Madiun untuk mengunduh hal-hal positif di Kota Bandung agar dapat dikembangkan di daerah setempat. Ia berharap, Kota Madiun dapat memaksimalkan potensinya untuk dikembangkan dan dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakatnya. (*)


     

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016